Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengeluarkan maklumat yang bertujuan untuk menyelesaikan semua kasus gaji tidak dibayar dan menghindari pengulangan insiden di masa depan, Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Mofrej Al-Haqbani mengumumkan Senin kemarin (8/8).
Tim khusus telah dibentuk untuk memonitor perusahaan serta memeriksa apakah mereka memenuhi kewajiban kontrak dengan pekerja dan tim akan campur tangan jika terjadi kasus pelanggaran, seperti dikutip islampos.com.
Perusahaan kontraktor Saudi Oger telah menjadi subyek pengaduan dari ribuan pekerja karena tidak membayar gaji mereka selama sembilan bulan terakhir.
Al-Haqbani mengatakan masalah tenaga kerja baru-baru ini bukan fenomena umum tetapi kasus khusus dari perusahaan kontraktor terkait pelanggaran terhadap kewajiban kontrak. Kementerian juha akan mengambil tindakan hukum terhadap perusahaan sejalan dengan UU Ketenagakerjaan.
Raja Salman dalam perintahnya juga mewajibkan perusahaan untuk membayar gaji pekerja melalui Program Perlindungan Upah. Di bawah sistem ini, perusahaan tidak akan dibayar untuk pekerjaan mereka oleh pemerintah sampai Departemen Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial menegaskan bahwa gaji pekerja telah dibayar tepat waktu.
Menteri menekankan bahwa UU Ketenagakerjaan Saudi dan peraturan eksekutif melindungi hak-hak semua pekerja di sektor swasta.

“Dalam program ini, semua perusahaan harus mentransfer gaji ke rekening bank pekerja mereka dan pengawasan ketat akan mengikuti transfer ini setiap bulannya dan akan ada tindakan hukum terhadap perusahaan yang melanggar UU Ketenagakerjaan. [islamaktual/islampos]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top