Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin sangat menganjurkan kepada umatnya agar senantiasa menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar, bahkan predikat “khoiru ummah” (umat terbaik) hanya dapat tegak dan senantiasa melekat bersama umat Islam jika amar ma’ruf dan nahi munkar menjadi penggerak utama setiap aktivitasnya. Sebagaimana firman Allah SwT yang artinya: “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah …” (QS. Ali Imran [3]:110).
Ketahuilah bahwa Allah SwT melaknat orang-orang kafir Bani Israil karena mereka meninggalkan prinsip yang agung ini, sebagaimana firman-Nya dalam al-Qur’an surat al-Ma’idah [5] ayat 78-79, artinya: “Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.”
Mewabahnya berbagai bentuk kemungkaran di tengah-tengah masyarakat kita akhir-akhir ini disebabkan karena lemahnya kontrol sosial yang kita berikan, kita terlalu banyak bertoleransi dengan orang-orang yang berprofesi sebagai penjaja kemungkaran dan pemuja kemaksiatan, ini semua akibat lemahnya keimanan yang kita miliki atau boleh jadi hilang sama sekali.
Oleh karena itu, jika setiap orang merasa peduli terhadap kemungkaran yang ada di sekitarnya insya allah selamat. Adapun jika kita semua sudah tidak peduli terhadap kemungkaran yang ada di depan mata kita, maka tunggulah azab Allah SwT yang tidak hanya menimpa para pelaku kemungkaran saja, akan tetapi akan menimpa seluruh manusia yang ada di sekitarnya, sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an surat al-Anfal [8] ayat 25, yang artinya: “Dan takutlah kalian pada fitnah yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu.”
Saudaraku kaum muslim yang mulia, marilah kita kerahkan segala daya dan upaya serta kemampuan yang kita miliki untuk menegakkan semangat amar ma’ruf dan nahi munkar di segala bidang dan tentunya sesuai dengan profesi kita masing-masing. Karena kemungkaran pada masa sekarang sudah sangat meluas ke seluruh lapisan masyarakat mulai dari kemungkaran politik, ekonomi, sosial, seni budaya dan lain-lain. Dan ini semua membutuhkan penanganan yang serius dan sungguh-sungguh. Kalau kita semua ambil bagian dalam hal itu, insya Allah bendera Islam dapat senantiasa berkibar dan peradaban umat manusia akan tetap lestari di bumi yang kita cintai ini, sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw: “Barangsiapa di antara kalian melihat kemungkaran, maka hendaklah merubah dengan tangannya, jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisan, jika tidak maka rubahlah dengan hati, yang demikian itu adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim)
Dalam Hadits tersebut di atas, merubah kemungkaran dengan tangan berarti umat Islam haruslah memegang tampuk kepemimpinan atau kekuasaan. Karena hanya pemimpin lah yang paling berhak untuk melakukan itu. Jika bukan pemimpin yang merubah kemungkaran dengan tangan itu, bisa jadi yang terjadi adalah kekacauan. Inilah pentingnya kepemimpinan umat Islam.

Akhirnya mari kita mohon kepada Allah SwT semoga kita semua diberi kekuatan iman dan kemampuan untuk ber-amar ma’ruf dan nahi munkar, sesuai profesi kita masing-masing demi tegaknya Izzatul Islam wal Muslimin, amin ya rabbal ‘alamin. [islamaktual/tabligh/agustrisundani]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top