Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Rektor Universitas Paramadina Firmanzah mengakui harus ada peningkatan kualitas bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam ekonomi syariah. Menurutnya, pelaku industri sering mengeluhkan kesiapan SDM yang ada.
''Yang sudah bekerja pun terus harus dibekali. Ini proses yang tidak pernah selesai,'' kata pria yang juga Ketua MES Foundation itu usai penandatanganan kerja sama beasiswa MES dengan Bank Muamalat di Muamalat Tower, Selasa (23/2).
Firmanzah melihat Indonesia punya potensi. Variasi ekonomi syariah juga tidak hanya keuangan tapi juga sektor riil seperti makanan halal dan pariwisata. Sementara itu, Thailand dan Jepang sudah melirik industri tersebut.
Menurut Firmanzah, Indonesia butuh sinergi antara regulator, DSN MUI, akademisi dan pelaku industri untuk bersama-sama mempercepat pembentukan SDM ditambah dukungan regulasi dan infrastruktur.
Saat ini sudah ada lembaga sertifikasi profesi (LSP) keuangan syariah. Firmanzah mengatakan lembaga ini memang baru yang dibentuk bersama oleh MES dan asosiasi keuangan syariah seperti AASI dan Asbisindo.

Penerima beasiswa dan biaya penulisan tugas akhir bertopik ekonomi syariah bisa saja nantinya direkrut pendonor yang memberikan beasiswanya melalui MES. Dengan begitu, donor juga lebih mudah mencari SDM. [islamaktual/rol]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top