Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Sejumlah tokoh Islam membahas peran media dalam acara Silaturahmi Nasional Kiai/Pimpinan Pesantren Alumni Gontor Dalam Rangka Kesyukuran 90 Tahun Gontor. Acara ini dilaksanakan di Siti Hotel, Tangerang, pada 22 - 24 Januari 2016. Dalam pembahasan Sabtu (24/1) kemarin, para tokoh membahas peran media sebagai sarana penghubung pesantren dan dunia luar.
"Jadi santri harus menjadi generasi upload, sehingga tidak jadi penonton saja," kata Pemimpin Redaksi sebuah stasiun televisi nasional, Nurjaman Mochtar, dikutip republika.co.id.
Nurjaman mengatakan jutaan pengguna akun media sosial bertebaran di dunia, termasuk Indonesia. Sementara arus informasi tidak henti-hentinya bermunculan. Di samping itu, kemajuan teknologi membuat semua orang dapat melihat informasi di dalam gadget yang dimilikinya.
"Santri harus aktif sehingga tidak hanya menyerap informasi, namun juga harus memberikan informasi," kata dia.
Menurutnya,  orang-orang yang dapat memilah informasi dengan baik, maka mereka adalah orang yang berakal sehat. Alhasil,  janganlah hanya membuat larangan atau membatasi, misalnya terhadap anak-anak dan diri sendiri. Sebab kalau melarang mereka bermain internet, maka siapa pun mereka itu --khususnya para santri--  maka ia akan berada pada situasi yang tertinggal.

"Maka dalam soal komunikasi di era saat ini, para santri diharapkan ikut mengisi berbagai konten media massa dengan nilai-nilai yang baik. Dan dalam hal ini jelas menuntut kreatifitas," tutur dia seraya mengatakan era digital tidak bisa dicegah kedatangannya, bahkan kini posisinya sudah berada persis di depan mata semua orang. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top