Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Masjid Agung Paris saat ini tidak hanya menjadi pusat ibadah Muslim di Prancis saja, melainkan juga sebagai pusat peradaban Islam di Eropa. Mengingat, hanya terdapat 121 masjid yang layak di seluruh Prancis. Jumlah ini sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah Muslim Prancis yang saat ini mencapai empat juta jiwa.
Masjid Paris ini juga sering kali dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahunnya karena terletak di kota wisata internasional. Selain menikmati arsitekturnya yang indah, juga sebagai tempat untuk menikmati sajian khas Timur Tengah, yaitu kuskus yang lezat dengan ditemani dengan teh panas rasa mint. Masjid semakin lengkap dengan fasilitas ruang penunjang, seperti madrasah, perpustakaan, ruang pertemuan, restoran, kedai teh, dan toko perlengkapan Muslim.
Pada era Perang Dunia II ketika Nazi menguasai Prancis, masjid ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung warga Muslim yang tinggal di Prancis dan warga lainnya. Bahkan, pernah pada masa itu tentara separatis anggota France-tireurs Partisan (FTP) keturunan Aljazair melakukan sebuah misi untuk menyelamatkan para tentara penerjun asal Inggris dan memberikan persembunyian di dalam kompleks masjid.
Selain itu, tentara FTP ini juga memberikan perlindungan pada keluarga-keluarga keturunan Yahudi dan memberikan tempat tinggal semen tara di dalam kompleks masjid. Bahkan, masjid agung ini tak sedikit memberikan akta lahir Muslim palsu untuk para anak-anak Yahudi agar terselamatkan dari pengaruh Nazi dan bisa menyeberang ke negara-negara Arab yang lebih aman. Tidak kurang 1.600 orang Yahudi yang berhasil berlindung di kompleks masjid ini pada saat itu.

Pada 2005, atas jasanya melindungi warga Yahudi selama era Perang Nazi tersebut. keturunan dari keluarga Yahudi yang terselamatkan tersebut memberikan medali penghargaan kepada keluarga pemimpin masjid agung pada era tersebut, yaitu si Kaddour Benghabrit. [islamaktual/rol]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top