Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sleman, Lutfi Hamid kegiatan pendidikan nonformal keagamaan cenderung mengalami kelesuan dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat dari data bahwa pendidikan nonformal keagamaan yang masih aktif hanya berkisar 50 persen dari yang terdaftar di instansinya.
Lutfi mengemukakan, ada sekitar 1.500 TPA di Sleman. Tapi yang masih beraktivitas dengan sehat hanya 730. Sementara itu, dari 172 pondok pesantren yang terdaftar di Kemenag Sleman, yang aktif hanya 60. “Lembaga diniah juga seperti itu. Lembaga pendidikan nonislam juga sama lesunya,” kata Lutfi, Jumat (1/1) dikutip republika.co.id.
Ia menjelaskan, ada penyebab kelesuan lembaga pendidikan tersebut. Antara lain orientasi orang tua yang lebih mengutamakan pendidikan formal bagi anak-anaknya. Selain itu, jumlah jam pelajaran sekolah formal yang sangat padat dan panjang juga cukup memberikan dampak bagi kelesuan pendidikan nonformal.
“Lihat saja, sekarang sekolah-sekolah formal jam pelajarannya sampai sore,” ujar Lutfi. Padahal sebelumnya, jika sekolah formal selesai pukul 12.00, sore harinya anak-anak biasa belajar di sekolah diniah atau mengaji di rumah tokoh agama setempat.
Dengan keberadaan Perda Pendidikan Nonformal Keagamaan, diharapkan ke depannya kelesuan tersebut bisa hilang. Sebab Raperda tersebut memuat hubungan korelatifitas mengenai pendidikan nonformal keagamaan dengan lembaga pendidikan formal.
Di antaranya lembaga nonformal keagamaan nantinya harus memuat pelajaran muatan lokal, misalnya bahasa inggris dan matematika. “Dengan begitu lembaga pendidikan nonformal keagamaan bisa memberikan kontribusi pembangunan dan pendidikan moralitas di masyarakat,” ujar Lutfi.

Terkait masalah mengajaran dan penyediaan pengajar, menurutnya, akan disreahkan langsung pada masing-masing lembaga. Adapun pendidikan nonformal keagamaan yang akan dipayungi Perda meliputi sekolah diniah, majelis taklim, sekolah minggu, pendidikan alkitab, serta pendidikan agama bagi penganut hindu, budha, dan kong hu cu. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top