Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Musim hujan telah tiba. Selama musim hujan, anak-anak rentan diserang penyakit saluran pernapasan. Maka sebaiknya Anda menghindarkan mereka dari bahaya paparan polusi udara, terutama bagi yang tinggal di kota besar.
Dokter Anak Nitin Verma dari Max Hospital, mengatakan, paparan polusi udara dapat memengaruhi risiko penyakit musiman yang sangat rentan menyerang sang buah hati.
"Ada kemungkinan tinggi dari anak-anak kecil yang terinfeksi oleh virus konjungtivitis atau tifus. Sementara di musim hujan, anak-anak mungkin dapat memiliki masalah pernapasan serius ditambah dengan dingin dan batuk," ungkap Dr Nitin dikutip dari okezone.com, Sabtu (12/12).
Lebih lanjut, Dr Nitin menambahkan, paparan polusi udara selama musim hujan juga memengaruhi laju peningkatan jumlah pasien anak-anak yang dirawat di rumah sakit secara keseluruhan.
"Pada lima tahun terakhir, telah terjadi peningkatan jumlah pasien anak yang dirawat di rumah sakit sebesar 40-45 persen, terutama mereka membawa penyakit saluran napas akut," imbuh dia.
Agar meminimalisir kasus itu, sudah sepatutnya orangtua menjaga kesehatan anak-anak, terutama dengan menghindarkan mereka dari paparan polusi udara. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

  • Hindari mereka dari jebakan macet panjang di jalan raya. Kalau memang terpaksa, tutup jendela mobil sampai tidak ada asap masuk.
  • Gunakan sapu tangan dan kacamata untuk melindungi wajah dan mata mereka.
  • Pastikan anak-anak mandi atau bilas mulut usai tiba di rumah. Setelah itu, ganti pakaian mereka dengan yang bersih.
  • Anak-anak dilarang bermain di kawasan yang penuh dengan perokok.
  • Hindari berjalan di gang sempit yang dihuni oleh penduduk kumuh, karena paparan penyakit lebih fatal di kawasan itu.
  • Ajak anak-anak Anda bermain di sebuah taman yang penuh dengan pepohonan. Karenanya lebih ramah lingkungan dan mudah menghirup udara segar, terutama pagi hari.
  • Berikan mereka sebuah latihan pernapasan, agar tidak mudah terserang penyakit pernapasan. Sebaiknya, ini dilakukan di tempat yang bersih dan udaranya segar. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top