Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Nasir Djamil, anggota Komisi III DPR RI merasa perlunya peningkatan pengawasan undang-undang yang mengakomodir kepentingan umat Islam. Menurut Nasir, hal itu lebih penting untuk menunjukkan sumbangsih positif Islam dalam pembangunan Indonesia.
"Saya kira yang dibutuhkan adalah pengawasan UU yang mengakomodir kepentingan umat Islam seperti asuransi syariah, perbankan syariah, dan pornografi," kata Nasir dalam acara 'Halaqah Nasional: Kontribusi Hukum Islam dalam Pembangunan Hukum Nasional' di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (10/12) lalu dikutip republika.co.id.
Nasir juga menekankan, perlunya pengawasan implementasi UU tersebut. Ia mengatakan, dalam UU tersebut biasanya disebutkan ada kementerian yang bertugas mengawasi pelaksanaannya.
Ia mencontohkan UU Jaminan Produk Halal. Menteri Agama, selaku penanggung jawab UU tersebut dinilai perlu ditagih terkait pencapaian implementasi di lapangan.
Menurutnya, jika regulasi-regulasi itu diterapkan maksimal, maka bisa menampakkan Islam yang rahmatan lil alamin kepada masyarakat baik muslim maupun non-muslim.
"Artinya, produk-produk yang mengakomodir kepentingan umat Islam ternyata bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," lanjutnya.

Nasir mengaku bukan berarti upaya mendorong penyerapan hukum Islam dalam hukum positif tidak penting. Ia menilai hal itu bisa dikerjakan secara beriringan.  [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top