Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Penganugerahan gelar pahlawan kepada Ki Bagus Hadikusumo diapresiasi oleh Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Hidayat Nur Wahid MA. Hidayat mengungkapkan pemikirannya terhadap penganugerahan itu bahwa penganugerahan gelar pahlawan kepada Ki Bagus Hadikusumo, menurutnya seolah keluar dari kebiasaan yang berlaku selama ini.
Selama ini seolah-olah gelar pahlawan itu hanya diberikan kepada  pejuang yang mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan. Namun, kebiasaan itu tidak berlaku pada Ki bagus Hadikusumo. Selama hidupnya, lanjut dia, Ki Bagus lebih dikenal sebagai sosok yang banyak memperjuangkan konstitusi bagi Indonesia.
Ia dikenal sebagai salah satu anggota BPUPKI yang menyiapkan naskah Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia. ''Ki Bagus Hadikusumo tidak dikenal sebagai sosok yang ikut mengangkat senjata  dan berperang melawan penjajah,'' kata Hidayat pada dialog pilar negara yang berlangsung di Ruang Presentasi Perpustakaan MPR RI, pada Selasa (10/11) kemarin dikutip republika.co.id.
Dialog tersebut dilakukan bersama Didik Pradjoko, sebagai ahli sejarah dari UI, keduanya membahas tema Menggali Nilai-nilai Kepahlawanan. Selain kepada Ki Bagus Hadikusumo, tambah Hidayat, selayaknya Indonesia juga memberikan penganugerahan gelar pahlawan kepada R. Kasman Singodimedjo.
Karena seperti Ki Bagus, Kasman juga berkontribusi dalam perjuangan penyusunan konstitusi di Indonesia. "Mudah-mudahan ditahun-tahun yang akan datang, giliran Kasman Dimedjo yang mendapat penganugerahan gelar pahlawan,'' kata Hidayat menambahkan.

Ke depan, Hidayat berharap akan ada penganugerahan gelar pahlawan kepada tokoh-tokoh dari bidang pengabdian yang lain. Serta tidak hanya kepada para pejuang yang ikut mengangkat senjata. Meski kata Hidayat, mereka yang berjuang mengangkat senjata untuk kepentingan bangsa dan negara akan tetap sesuai untuk diberikan gelar pahlawan. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top