Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Turnamen voli yang diikuti waria tingkat Jawa Barat di Komplek Olahraga Lapangan Merdeka Kota Sukabumi dibubarkan sejumlah massa dari Front Pembela Islam (FPI) Selasa (1/9) kemarin. Aksi FPI tersebut dilakukan karena mendapatkan pertanyaan dari warga terkait turnamen yang diikuti seratusan waria tersebut.
Turnamen yang digelar sejak pukul 10.00 WIB ini, menurut informasi yang didapat diikuti para waria dari sejumlah daerah seperti Bandung, Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan Cimahi. Jumlah waria yang ikut turnamen mencapai sebanyak 120 orang. Salah seorang pengurus DPC FPI Kota Sukabumi, Aa Nunu kepada wartawan menerangkan, pihaknya terpaksa membubarkan turnamen voli antar waria tersebut.
"FPI memiliki kewajiban untuk membubarkan," katanya dikutip republika.co.id.
Menurut Nunu, panitia penyelenggara acara tersebut sebelumnya tidak melakukan koordinasi terkait kegiatan turnamen voli waria. Meskipun tujuan dari kegiatan cukup positif terkait kampanye bahaya penyebaran HIV/AIDS. Namun lanjut Nunu, ada sejumlah warga yang mempertanyakan terselenggaranya turnamen voli waria di Sukabumi.
Bahkan, banyak warga yang bertanya-tanya kenapa FPI diam terhadap kegiatan tersebut. Hal ini disebabkan kalangan waria atau laki-laki yang menyerupai wanita tidak dibenarkan dalam agama. Ke depan ungkap Nunu, setiap kegiatan waria di Sukabumi tidak diperkenankan untuk digelar. Selain itu, FPI juga berkomitmen untuk membimbing para waria agar kembali kepada kehidupan yang normal.

Sementara, Yanti Rosdiana, Pengelola Komisi Penanggulangan AIDS (LPA) Kota Sukabumi menerangkan, turnamen voli waria ini digelar untuk mencegah stigma negatif terhadap waria. Menurutnya, banyak dari mereka yang terpaksa menjadi waria karena tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top