Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Penyakit kuning terjadi akibat adanya penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin merupakan zat sisa yang dihasilkan ketika sel darah merah terurai. Sebelum dibuang oleh tubuh, bilirubin dibawa terlebih dahulu menuju hati melalui aliran darah. Di dalam hati, bilirubin dicampur dengan cairan empedu. Kedua zat ini kemudian melewati sistem pencernaan untuk dibuang. Sebagian besar bilirubin dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran dan sebagian kecil dibuang dalam bentuk urin. Ini yang membuat urin kita berwarna kuning dan tinja berwarna cokelat.
Penderita penyakit kuning memang memiliki banyak pantangan. Ada makanan yang harus dipantang, tetapi ada pula minuman yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya jus sayur dan buah yang telah direkomendasi oleh para ahli liver sebagai berikut.
Ada daftar minuman jus yang disarankan untuk si penderita penyakit kuning dan bisa menjadi selingan menu setiap hari karena manfaatnya bisa bantu menyembuhkan penyakit itu dikutip okezone.com.
Jus tomat
Tomat bekerja dengan baik untuk menyembuhkan penyakit kuning. Karenanya, buah berwarna merah itu merupakan antioksidan dan kaya akan vitamin C. Resepnya, buatlah segelas jus tomat, lalu tambahkan sejumput garam dan merica. Minum jus itu dalam keadaan perut kosong selama 12 hari. Manfaatnya diklaim dapat meremajakan sel-sel hati dan menyembuhkan penyakit kuning.
Jus tebu
Ternyata air tebu baik diminum setiap hari oleh penderita penyakit kuning. Manfaatnya dapat membantu mengembalikan kapasitas hati dan membantu pencernaan.
Jus lemon
Lemon juga kaya vitamin C yang dapat menghilangkan racun dari saluran empedu. Minumlah jus lemon setiap hari pada waktu perut kosong, karena dapat membantu memulhkan dan meredakan gejala penyakit kuning.
Jus wortel
Sayur wortel kaya akan beta karoten, rendah kolesterol, serta sumber vitamin A dan C. Vitamin ini dan nutrisi itu baik untuk membantu detoksifikasi hati dan bermanfaat bagi fungsi hati.
[islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top