Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Dugaan tindak korupsi bermodus ibadah umrah yang digelontorkan oleh Plt Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi harus ditindaklanjuti dengan sanksi tegas. Berbagai kalangan memberikan kecaman terhadap dugaan tersebut. Salah satu kecaman itu datang dari organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah.
“Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, tidak boleh toleran sedikitpun terhadap berbagai praktik penyimpangan dan penyalahgunaan ibadah haji dan umrah, baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci,” ungkap Ketua PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir, Selasa (30/6) kemarin dikutip republika.co.id.
Menurut Haedar, pelaku korupsi harus ditindak tanpa memandang golongan mana ia berasal. Semakin banyak toleransi, ujarnya, semakin banyak pula tindak kejahatan yang terjadi. Sehingga pelaku akan cenderung menggampangkan dan menganggap remeh ancaman hukuman.
Haedar juga berpendapat, hukum harus tetap ditegakkan apapun tindak kriminalnya. Dugaan tindak korupsi bermodus ibadah umrah bakal memperburuk citra Islam, sekaligus citra institusi ibadah haji dan umrah.
Menurutnya, kita tidak perlu merasa buruk muka daripada nila setitik rusak susu sebelanga. Hanya karena menolerir satu dua oknum Muslim yang berbuat korup, justru umat Islam yang akan tercoreng namanya nanti.
Ia menjelaskan, ketika haji dan umrah digunakan untuk kepentingan bisnis dan politik, perilaku yang menghalalkan segala cara itu menjadi mungkin dilakukan. Menurutnya, perilaku semacam ini mirip dengan berbagai penyimpangan umrah yang sudah berjalan sejak dulu. Misalnya, kata Haedar, penipuan jamaah haji dan umrah oleh agen-agen travel.
Ketua PP Muhammadiyah ini menilai, kalau sampai modus tersebut terbukti kebenarannya, ini menunjukkan makin parahnya tindak korupsi di tanah air.

Lebih lanjut, Haedar menilai deteksi dini terhadap modus semacam itu penting dilakukan. Kementerian perlu membentuk sistem yang transparan dan obyektif, sekaligus dikelola oleh para pelaku yang amanah. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top