Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Muktamar Muhammadiyah di Makassar semakin dekat. Ketua Panitia Pemilihan Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais menyatakan sudah ada 82 kader yang bersedia dicalonkan sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Muktamar 47 di Makassar nanti. Mereka telah melalui seleksi berdasarkan peraturan di PP Muhammadiyah.
Dahlan Rais mengemukakan hal itu kepada wartawan pada Media Gathering di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jl Cik Di Tiro Yogyakarta, Jumat (10/7).
Menurut Dahlan, nama-nama calon ketua tersebut nantinya dibawa ke Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makassar, 3-7 Agustus 2015.
Dijelaskan, pemilihan ketua di Pimpinan Pusat Muhammadiyah unik atau spesifik dan berbeda dengan organisasi lain. Keunikannya, calon ketua harus dicalonkan dan bukan mencalonkan diri. "Seorang bisa menjadi bakal calon harus mendapatkan dukungan minimal tiga orang," kata Dahlan Rais dikutip republika.co.id.
Dalam sidang Tanwir yang diikuti 204 anggota ada 200 nama bakal calon yang diusulkan. Peserta Sidang Tanwir berasal dari PP, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Perwakilan Daerah, dan organisasi otonom.
Setelah diteliti, kata Dablan, dari 200 bakal calon hanya 108 orang yang memenuhi syarat. "Panitia telah mengirim surat kesanggupan terhadap 108 bakal calon. Namun hanya 96 calon yang mengembalikan surat kesanggupan," kata Dahlan.
Setelah diteliti, kata Dahlan, surat kesanggupan ada 82 memenuhi syarat dan sanggup dicalonkan, 13 tidak bersedia, 12 tak mengembalikan surat kesanggupan, dan seorang meninggal dunia. Berdasarkan usia, mereka terbagi 40-50 tahun sebanyak 16 persen, 50-60 tahun ada 45 persen, sedang di atas 60 tahun ada 39 persen.

Dari segi pendidikan, Strata Satu (S1) ada 13 persen, S2 ada 31 persen dan S3 ada 56 persen. Sedang dari sisi pekerjaan pendidik sebanyak 72 persen dan sisanya berprofesi bukan pendidik. "Dari jenis kelamin, 95 laki-laki dan lima persen perempuan," katanya. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top