Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


"Tayangan yang baik itu yang mendidik," ujar Sinansari Ecip dikutip republika.co.id saat ditanya mengenai tayangan Ramadhan, Jumat (12/6) kemarin. Ecip yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Informasi dan Komunikasi ini menjelaskan tayangan yang mendidik adalah tayangan yang memberikan pelajaran bagi para penonton.
Oleh karenanya Ecip menghimbau stasiun televisi menyiarkan tayangan Ramadhan yang mendidik. Menurutnya, tayangan itu harus bisa memberikan ajaran untuk anak-anak sedangkan bagi orang dewasa bisa mengajak berpikir. Selain tentunya dari segi agama, segi pengetahuan umum, serta budi pekerti baik papar Ecip.
Ecip juga menyatakan, hendaknya tayangan Ramadhan memberi imbauan untuk banyak beribadah. Ini mengingat Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. "Tidak hanya beribadah secara vertikal tapi juga horizontal atau ibadah sosial," ujar Ecip.
Setiap tahunnya MUI diakui Ecip melakukan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk  mengawasi tayangan-tayangan Ramadhan. Sebelum memasuki Ramadhan Ecip menyatakan MUI mengumpulkan pemilik televisi untuk menyampaikan permintaan agar tayangan selama Ramadhan mendukung jalannya ibadah.
Kemenag, kata dia, sudah melakukan pertemuan tersebut pada tiga pekan yang lalu. Seluruh pihak, kata Ecip, bersepakat dengan tujuan MUI.
Secara umum, ia mengakui saat ini Indonesia kekurangan siaran televisi yang mendidik karena terlalu banyak siaran yang mengedepankan banyolan. Ia mengkritisi tayangan yang menyiarkan lawakan dengan menjelek-jelekkan fisik seseorang. "Aturannya sudah ada di KPI. Fisik itu //kan// pemberian Tuhan jadi tidak boleh dihina-hina," ujarnya.

Ecip mengatakan, siaran televisi punya berbagai fungsi. Menurutnya fungsi terpenting adalah untuk mendidik. "TV harus bisa memberi contoh yang baik karena siaran televisi memberikan efek tiru yang tinggi," kata Ecip. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top