Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Tingginya acara-acara mengundang keramaian massa di Kota Bandung seperti konser musik, pertandingan sepakbola, hingga lokasi bencana yang belum menyediakan tempat shalat memadai, menjadikan Sobirin (42) berinisiatif membuat sebuah sarana ibadah yang sifatnya “jemput bola”. Akhirnya b,ersama rekan-rekannya di Yayasan Masjid Nusantara (YMN) Sobirin menggalang donasi untuk membuat Mobile Masjid.
Alhamdulillah berkat donasi dari donatur YMN dan juga sesama NGO, Mobile Masjid ini ada dan bisa beroperasi. Harapannya tidak ada umat muslim yang meninggalkan shalat karena tidak menemukan masjid atau mushola di keramaian,” ungkap Sobirin dikutip islampos.com, Jum’at (26/6) lalu.
Dalam sebuah Mobile masjid diangkut peralatan shalat seperti karpet, sarung, mukena, penunjuk arah kiblat, genset serta sound system. Selain itu, mobil dilengkapi wadah penampung air bersih berkapasitas 500 liter untuk keperluan wudhu.
Menurut Sobirin, Mobile masjid ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di daerah Timur Tengah. Namun kalau di Indonesia, ini merupakan inovasi pertama.
Laki-laki yang sebelumnya berprofesi sebagai Kepala Sekolah SD Juara ini berharap Mobile Masjid nantinya bisa dilengkapi dengan internet dan perputakaan agar para jamaah bisa nonton bareng film-film soal keislaman.
Di bulan Ramadhan, YMN memiliki rencana untuk membagikan takjil gratis bersama Mobile Masjid tiga kali dalam seminggu. Targetnya di akhir 2015 nanti akan dibangun satu Mobile Masjid yang beroperasi di Bandung dan Jawa Barat.

“Cita-cita tertingginya mah kita bisa menyediakan Masjid Mobile di seluruh Indonesia, terutama daerah perkotaan yang memiliki banyak kegiatan penarik massa. Mudah-mudahan juga wujud Mobile Masjid selanjutnya akan lebih baik lagi,” pungkas Sobirin. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top