Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Satu persatu negara-negara Barat mulai mengakui eksistensi Palestina sebagai negara. Kali ini pengakuan Palestina sebagai sebuah negara datang dari Vatikan, wilayah suci umat Katholik.
Vatikan pada Rabu (13/5) waktu setempat secara resmi mengakui negara Palestina dalam perjanjian. Hal ini memicu kemarahan Israel dan tuduhan bila langkah tersebut merusak prospek perdamaian.
Perjanjian tersebut menyangkut kegiatan Gereja Katolik di wilayah Palestina. Ini menjadi indikasi Tahta Suci telah mengalihkan pengakuan diplomatiknya dari Organisasi Pembebasan Palestina ke negara Palestina.
"Ya, itu pengakuan bahwa ada negara (Palestina)," kata juru bicara Vatikan, Rev Federico Lombardi dikutip republika.co.id.
Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Israel menyatakan kekecewaannya dengan perkembangan itu. Menurut Israel, langkah pengakuan ini tidak mempromosikan proses perdamaian dan menjauhkan kepemimpinan Palestina dari arahan negosiasi bilateral.
"Israel, akan mempelajari perjanjian dan akan mempertimbangkan langkah-langkah yang sesuai, " tegas mereka.
Perjanjian tersebut tercapai sebelum Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengunjungi Paus Francis di Vatikan. Saat ini, Abbas sedang menuju Roma untuk menghadiri Kanonisasi Francis dua orang kudus dari Tanah Suci.

Paus Francis 2014 ketika berkunjung ke Tanah Suci, secara resmi menyebut Abbas sebagai presiden negara Palestina. Bahkan dalam buku tahunan terbaru Vatikan, duta besar Palestina untuk Vatikan tercatat sebagai wakil negara Palestina. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top