Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Meskipun selama ini banyak kasus yang memperlihatkan pecandu narkoba setelah di rehabilitasi kembali mengalami kecanduan, sejatinya ternyata para pecandu itu bisa sembuh total. Pernyataan ini disampaikan oleh dr. Lula Kamal dikutip okezone.com.
Dr. Lula Kamal menyatakan, “Rasa kecanduan akibat mengonsumsi narkoba akan selalu tersimpan di memori. Namun, pecandu masih bisa sembuh dari kebergantungan obat.”. Lula menambahkan, itu bisa terjadi asal ada niat yang kuat dari pecandu untuk berhenti.
Menurut dokter lulusan S-2 bidang rehabilitas narkoba dan adiksi di King's College London itu, yang paling penting adalah melatih diri agar dapat mengendalikan rasa ingin menggunakan lagi jika ada sesuatu yang memicu atau mengingatkan kembali narkobanya.
“Setelah pecandu memutuskan untuk direhabilitasi, tak jarang timbul rasa sakau setelah tak lagi konsumsi narkoba,” lanjut Lula. Itu terjadi karena efek putus zat akibat perubahan saraf pusat dampak memakai narkoba.
Lula juga menambahkan, “Untuk obat-obat yang sering diberikan pada pecandu untuk berhenti konsumsi narkoba, bergantung jenis narkoba yang dipakai dan jenis narkoba yang dikonsumsi.”
Di tempat lain, seorang dokter dari Rumah Sakit Siloam, dr Kristiana Siste, Sp.KJ menuturkan, “penggunaan jangka panjang narkoba dapat merusak saraf otak. Misalnya, mielin yang kemudian menyebabkan penurunan fungsi kognitif seperti mudah lupa, tidak bisa kosentrasi, penurunan verbal memori, dan fungsi eksekutif”.
Penggunaan narkoba juga dapat menyebabkan gangguan jiwa, seperti gejala psikotik, depresi, atau manik. Kriastiana menambahkan kebergantungan narkoba sendiri merupakan gangguan jiwa di mana ia tidak bisa mengontrol perilakunya. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top