Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Siapa yang tak suka dengan gorengan. Memang tak bisa dipungkiri orang Indonesia doyan makan gorengan. Sayangnya, makanan itu mengandung tinggi lemak, yang menyebabkan penyakit kardiovaskular dalam jangka panjang.
Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, semua jenis makanan yang digoreng mengandung asupan lemak jenuh berbahaya. Lemak ini dikategorikan sebagai lemak yang kurang sehat karena dapat meningkatkan kolesterol LDL (jahat).
“Kebiasaan orang Indonesia selalu suka makanan yang digoreng. Padahal sudah banyak makanan sehat, seperti ikan, tahu tempe, bahkan buah pun digoreng,” ujarnya dikutip okezone.com.
dr Fiastuti menambahkan, efek terlalu banyak mengonsumsi minyak dan lemak bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular. Misalnya jika seseorang itu mengalami stroke, jantung dan hipertensi itu disebabkan penyumbatan lemak tak jenuh.
“Kita harus selalu waspada dengan risiko ini. Semakin banyak asupan lemak jenuh masuk ke dalam tubuh kita akan semakin besar risiko arteri kita tersumbat,”

Patut disayangkan juga, ada tren di era sekarang sering terdengar ada orang meninggal dunia akibat kasus serangan jantung di usia produktif. Salah satunya disebabkan karena mereka terlalu banyak mengonsumsi asupan lemak jahat. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top