Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Disaat sebagian Umat Islam di belahan dunia Barat mendapat diskriminasi dan hebih dengan islamophobia, umat Muslim di Korea Selatan mengaku justru mendapat perlakukan wajar dari masyarakat setempat.
Upaya Korea Selatan untuk lebih memahami Islam, menurut umat Islam Korea baik sebagai budaya dan agama telah menuai hasil yang baik. Pemerintah dan masyarakat Korea Selatan dianggap mampu membuat ribuan Muslim terintegrasi dalam struktur sosial.
"Masyarakat Korea tidak mendiskriminasi saya karena saya seorang Muslim," ujar mahasiswa Universitas Kyunge Hee,  Muhammad, dikutip republika.co.id, Rabu (13/5).
Muhammad, yang sudah di Korea Selatan sejak 2010 menerangkan, masyarakat Korea telah memberikan toleransi yang tinggi untuk Muslim atau orang-orang yang menuju ke ruang ibadah Muslim.
Muhammad adalah mahasiswa Yordania yang memiliki kegiatan rutin. Ia mengaku selalu datang ke ruang ibadah di universitas setelah mengikuti kuliah untuk melakukan shalat.
Muhammad juga berpendapat bahwa sikap positif terhadap komunitas Muslim ini karena didorong oleh dialog. Atau, lanjut dia, dikarenakan kegiatan yang pernah diselenggarakan oleh Muslim Korea selama beberapa tahun terakhir.
"Setiap tahun telah terjadi dialog antara beberapa agama di sini. Kami membahas cara-cara untuk bisa hidup berdampingan dan bekerja sama satu sama lain," jelas Imam Masjid Central Seoul, Lee Ju-hwa.
Selain dialog, masyarakat Korea didorong untuk menghadiri kelas-kelas bahasa Arab secara gratis. Menurut Ju Hwa, mereka juga diajak untuk mengikuti seminar dan ceramah tentang tradisi agama Islam.
Kim Sang Kyu, eksekutif dari Pusat Arab Markaz, menyatakan, tiga tahun yang lalu terdapat dua mahasiswa yang datang untuk belajar bahasa Arab. Sekarang, lebih dari 100 orang yang mengunjungi  serta belajar bahasa Arab selama sebulan.
"Karena kebanyakan pengajar bahasa Arabnya Muslim, maka mahasiswa Korea pun mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa Arab dan memahami budaya Islam,” pungkasnya. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top