Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Di tengah derasnya arus islamfobia di Amerika Serikat, masih ada sebagian warga Amerika yang bersimpati terhadap umat Islam di Amerika. Hal ini ditunjukkan oleh sebagian warga San Fransisco yang tergabung dalam Interfaith Council of Contra Costa County serta Interfaith Council of San Ramon Valley. Mereka yang berasal dari berbagai agama membentuk ‘Ring of Solidarity’ di luar Masjid San Ramon Islamic Center di saat umat Muslim yang lain sedang menunaikan shalat Jumat.
Ingin menunjukkan bahwa warga Amerika Serikat berempati pada Islam, mereka menunjukkan solidaritas dengan membentuk pagar betis dengan saling mengaitkan tangan mengitari Masjid selama ibadah shalat Jumat berlangsung. Aksi ini diikuti oleh puluhan warga, tokoh agama, pendeta, pastor dan juga rabbi.
Aksi yang diikuti sekitar 200 an orang ini sekaligus merupakan aksi protes terhadap masih adanya diskriminasi serta meningkatnya islamfobia di Amerika Serikat yang dilakukan oleh sekelompok orang.
Setelah shalat Jum’at selesai dilaksanakan, para peserta aksi diajak berkumpul di dalam masjid untuk mendengar pidato dari uamt Islam. Dalam pidatonya, wakil dari umat Islam membicarakan tentang koeksistensi agama serta persamaan antar agama yang membawa kedamaian.
Maimoona Ahmed, salah seorang peserta aksi menyatakan bahwa sejak peristiwa 9/11, dia selalu dikaitkan dengan stereotip “teroris” karena dia mengenakan hijab. Termasuk terakhir kali dia harus bersabar ketika di bandara akan melakukan check-in.
Sementara itu Maram Bata muslimah yang lain juga memberikan testimoni betapa sulitnya hidup sebagai Muslimah di Amerika.
"Ada sekitar 1,6 miliar Muslim di banyak negara dan benua, tetapi hidup sebagai Muslim di Amerika itu terlalu berat untuk ditanggung," kata Bata seperti dikutip contracostatimes.com.
Bata mengatakan acara ini menjadi cara baru mencarai harapan dan persatuan bagi dirinya dan Muslim yang lain .

Terence Clark, Presiden Interfaith Council of Contra Costa County menyatakan, “Cara terbaik untuk mengasihi sesama adalah mengenal mereka dalam kegiatan ini.” [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top