Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Pelaksanaan Surat Keputusan Kapolri mengenai ijin penggunaan jilbab di kalangan polisi wanita (polwan) mulai terlihat. Salah satunya adalah polwan di wilayah Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat. AKBP Nowo Winarti, Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menyatakan di lingkungan Polda Kalbar ada sebanyak 100 polisi wanita yang menggunakan jilbab.
"Dari sekitar 400 polwan yang ada di lingkungan Polda Kalbar, ada sebanyak 100 polwan yang menggunakan jilbab, setelah kami menerima surat resmi dari Mabes Polri mengenai penggunaan jilbab bagi polwan," kata Nowo Winarti dikutip republika.co.id.
Nowo menjelaskan bahwa sejak keluarnya surat keputusan Kapolri mengenai penggunaan jilbab, Polwan di lingkungan Polda Kalbar sudah bisa memakainya bagi yang ingin menggunakan jilbab. Bahkan, polwan  yang sudah menggunakan jilbab tak hanya di lingkungan Polda Kalbar saja, tetapi sudah sampai ke polres.
Namun, Kabid Humas Polda Kalbar ini menambahkan, untuk sementara karena belum ada pembagian baju dalam waktu dekat ini,bagi polwan yang memutuskan akan menggunakan jilbab mereka menjahit sendiri bajunya.
Menurut dia, pemberitahuan diperbolehkannya polwan menggunakan jilbab, adalah hasil dari video conference dari Asisten Sumber Daya Manusia Mabes Polri, Mayor Jendral (Pol) H K Astana, dan jajarannya mengenai penggunaan jilbab.
"Dalam video conference itu, ada Polwan yang memperagakan penggunaan jilbab, sesuai keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Kapolri Indonesia, No.Kep/245/III/2015 tentang perubahan atas sebagian isi surat Keputusan Kepala Kepolsian Negara RI No. skep/702/IX/2005 tanggal 30 September 2005 tentang Penggunaan Pakaian Dinas Seragam Polri dan PPNS Polri.
Implementasi penggunaan jilbab nantinya, menurut Nowo tidak hanya bagi polwan yang berdinas di dalam ruangan saja. Polwan yang juga bertugas di lapangan akan disiapkan baju dinasnya.

"Untuk penggunaan jilbab menyesuaikan dengan celana yang dipakai, begitu juga dengan baju umum reserse dan intel," ujarnya. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top