Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Organisasi Kerjasama Islam (OKI) lewat Committee for Economic and Commercial Cooperation (COMCEC) melakukan pendanaan terhadap 17 proyek yang tersebar di 11 negara Muslim. Penandatanganan kesepakatan dilakukan di Ankara, Turki, Senin (30/3) lalu.
Seperti dikutip islampos.com, Wakil Menteri Luar Negeri Turki Naci Koru di sela-sela upacara penandatanganan mengatakan perkembangan global mempengaruhi semua negara, termasuk dunia Islam. Oleh karenanya, kerjasama antar lembaga dengan pemerintah harus dipromosikan untuk membendung kesenjangan pendapatan yang meningkat antara kaya dengan miskin.
“Komite Tetap Kerjasama Ekonomi dan Komersial (COMCEC) Organisasi Kerjasama Islam adalah alat yang sangat penting, yang memungkinkan ide-ide cemerlang untuk diaktualisasikan melalui pendanaan proyek,” ujar Koru.
COMCEC didirikan oleh Islamic Summit Konferensi Ketiga diadakan di Makkah Arab Saudi pada tahun 1981 untuk mengatasi masalah pembangunan umum dari Dunia Islam serta memberikan solusinya. Komite melakukan pertemuan tingkat menteri setiap tahunnya di Turki.

Komite saat ini memiliki 57 negara anggota serta lima Negara Peninjau tersebar di empat benua. Ruang lingkup kerjasama komite terdiri dari perdagangan, transportasi, pertanian, pariwisata, pengentasan kemiskinan, dan keuangan serta kerjasama sektor swasta. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top