Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Muhammadiyah menunjukkan diri sebagai organisasi yang concern pada masalah kemanusiaan. Tak berselang lama dengan terjadinya gempa Nepal pada Sabtu (25/4) lalu, Muhammadiyah pada hari Rabu (29/4) kemarin mengirimkan tim pertama yang akan melakukan misi kemanusiaan di Nepal.
Tim yang berangkat atas nama program MuhammadiyahAID ini berjumlah 3 orang. Tim terdiri dari dr. Meidy Ferdianto, Sp.OT, dokter spesialis ortopedi, dr. Indragiri SpAn, dokter spesialis, serta seorang perawat anestesi. Program ini merupakan program kerja kemanusiaan untuk luar negeri yang dilakukan oleh Muhammadiyah lewat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) serta LazisMU.
Tim dari Muhammadiyah merupakan bagian dari delegasi Republik Indonesia untuk bantuan kemanusiaan korban Gempa Nepal. Tim ini bersama tim yang lain seperti dari BNPB serta Tim Kesehatan TNI terbang menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI AU dari Bandara Halim Perdanakusuma dan transit di Aceh kemudian menuju Kathmandu.
Dikutip muhammadiyah.or.id, Budi Setiawan Ketua MDMC menyatakan bahwa komitmen Muhammadiyah membantu korban bencana gempa di Nepal merupakan wujud komitmen warga Muhammadiyah terhadap pengamalan ke-Islaman. Hal ini khususnya adalah konsep semangat Al-Ma’un yang menjadi dasar keterpanggilan Muhammadiyah untuk bersama memecahkan masalah kemanusiaan dimanapun juga.
“Kalau ketika kita menghadapi gempa bumi Yogyakarta 2006, Tsunami Aceh 2004 dan bencana lainnya kita dibantu oleh seluruh warga dunia, Muhammadiyah merasa bahwa kejadian bencana dimanapun juga memanggil rasa kemanusiaan kita untuk berbuat,” terang Budi.

Selain itu, program MuhammadiyahAID dijadwalkan pada hari Jumat (1/5) besok akan kembali mengirimkan tim kedua serta membawa bantuan berupa 400 buah selimut bagi korban bencana gempa Nepal. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top