Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Indonesia dinilai sudah harus mempunyai bank syariah besar, baik hasil merger atau dibentuk bank baru. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam diskusi di Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah (FREKS) 2015.
Menurut Menkeu, yang penting saat ini adalah harus berdiri bank syariah BUKU IV di Indonesia.
''Ini penting. Kalau tidak, akan sulit. Dibandingkan BUKU IV, BUKU III saja masih sulit. Karena skala ekonomi itu penting,'' ujar Bambang, Selasa (28/4) seperti dikutip republika.co.id.
Pemerintah akan bersyukur jika ada pihak swasta yang memiliki modal besar serta mau membuat bank syariah besar di Indonesia. Akan tetapi jika pun tidak ada swasta yang berminat, maka pemerintah yang berkewajiban membentuk, entah nantinya membuat bank baru atau merger bank syariah milik bank-bank BUMN.
Hal yang sama juga diungkapkan Muliaman D Hadad, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Muliaman mengatakan bahwa pada dasarnya Indonesia membutuhkan bank besar syariah agar bisa melakukan banyak hal. Sebab jika hanya berbentuk bank-bank kecil, nantinya tidak bisa berbuat banyak sehingga tidak bisa memberi kontribusi nyata bagi pembangunan.
Menurutnya, untuk menjadi besar, ada 2 langkah yang bisa diambil, yaitu bisa organik dan non organik, salah satunya dengan merger. Menteri BUMN sudah punya komitmen kuat untuk itu lanjut Muliaman.
''Detilnya nanti dilihat, tapi semoga semoga sebelum akhir tahun ini sudah ada arahnya. Bila perlu, jangan hanya menggabungkan bank-bank syariah yang ada tapi pemerintah juga berpartisipasi memberi modal sehingga bank barunya bisa langsung jadi BUKU IV,'' tutur Muliaman.

OJK dalam hal ini berusaha mendukung dengan bekerjasama dengan Kementerian BUMN. Sehingga minimal ada Bank BUKU III, satu dulu saja. Kalaupun business nature empat bank syariah anak BUMN itu berbeda, Muliaman melihat nanti empat bank itu akan bisa saling melengkapi jika nantinya jadi digabung. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top