Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Empat orang warga binaan diutus  Rumah Tahanan (Rutan) Kota Dumai untuk mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) khusus antarnarapidana se-Riau di Bangkinang, Kampar. Pengiriman utusan ini dilakukan  dalam meningkatkan pemahaman, pengamalan dan keindahan bacaan Al Quran bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan.
MTQ antar warga binaan ini berlangsung hingga 22 April 2015 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Bangkinang, dalam rangka hari bakti Lapas ke-51. MTQ ini resmi dibuka Bupati Kampar Jefry Noer dengan peserta 12 kabupaten kota di Riau.
Muhammad Lukman, Kepala Rutan Dumai menyatakan perwakilan Dumai ini akan mengikuti empat cabang musabaqah, yaitu hafiz al-quran, ceramah agama, cerdas cermat dan lomba azan.
"Empat orang merupakan yang terpilih dan kita sangat mengapresiasi kegiatan MTQ antar warga binaan ini dengan harapan mereka bisa mengharumkan nama daerah," kata Muhammad Lukman, Senin (20/4) dikutip republika.co.id.
Lukman juga menyatakan bahwa hal terpenting dari keikutsertaan empat warga binaan ini, adalah bisa meningkatkan iman takwa mereka sehingga dapat merubah mereka menjadi manusia yang berkarya.
Selain itu, juga dapat meninggalkan perbuatan pelanggaran hukum negara yang pernah dilakukan sehingga menerima hukuman kurungan penjara.
"Kita berharap banyak dari kegiatan ini dan semoga kedepan akan banyak lagi warga binaan yang bisa berkarya di bidang seni baca al quran," ujarnya.
Dia menjelaskan, semua narapidana yang akan mengikuti MTQ ini, kata Lukman, sebelumnya telah menjalani pelatihan dan bimbingan yang intensif oleh tenaga pengajar di dalam penjara.
Khusus untuk warga binaan mengikuti cabang ceramah agama, lanjut dia, telah dibekali dengan pengetahuan seputar bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkotika yang kini marak terjadi.

"Tema bahaya narkotika ini dipilih agar memotivasi warga binaan untuk sadar dan tidak mengulangi lagi perbuatan menyentuh barang haram tersebut, apalagi saat ini sanksi hukuman sangat berat dari pemerintah," pungkasnya. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top