Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Dengan melakukan donor darah, tentu saja anda telah melakukan hal yang sangat mulia, karena telah membantu mereka yang sedang membutuhkan darah. Namun saat ini ada banyak mitos seputar donor darah yang menimbulkan sejumlah kekhawatiran dikalangan masyarakat, sehingga kegiatan donor darah pun disegani oleh beberapa orang.
Namun nyatanya, mendonorkan darah ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, apa saja itu? yuk simak manfaat donor darah berikut ini :
1. Mengurangi Risiko Kanker
Donor darah bisa mengurangi risiko terkena kanker, karena ketika kita menyumbangkan darah, maka simpanan zat besi didalam tubuh akan dipertahankan pada tingkat yang sehat. Kadar zat besi pada tubuh yang seimbang sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.
2. Menyehatkan Organ Jantung Dan Hati
Mendonorkan darah juga bisa mengurangi risiko penyakit pada organ jantung dan hari yang disebabkan karena kelebihan zat besi, seperti halnya manfaat nomor 1, donor darah dapat menjaga kadar zat besi seimbang dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.
3. Mengurangi Berat Badan
Bagi anda yang memiliki masalah obesitas, tidak ada salahnya untuk mendonorkan darah anda secara teratur. Obesitas beresiko tinggi pada penyakit darah tinggi, jantung dan lainnya. Tapi jangan terlalu sering melakukan donor darah juga, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan donor darah untuk menghindari masalah kesehatan.
4. Mengisi Sel Darah Baru
Setelah kita mendonorkan darah, tubuh kita akan kembali mengisi kembali darah baru setelah kehilangan darah. Hal ini sangat baik, karena akan merangsang produksi sel – sel baru yang akan menjaga kesehatan tubuh dengan baik.
Ada hal yang perlu dikalukan sebelum donor darah, yaitu, pastikan anda konsultasi pada dokter sebelum menyumbangkan darah, ada baiknya juga anda melakukan diet selama seminggu sebelum donor darah. Nah, pada saat hari pendonoran darah, pastikan anda terhidrasi, alias banyak minum air putih dan disarankan untuk mengenakan pakaikan yang nyaman selama pendonoran darah.
Jadi, mendonorkan darah ternyata banyak manfaatnya ya, oke itu lah manfaat donor darah bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. [islamaktual/dekamulyana]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top