Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Masjid Raya Bandung Jumat (24/4) siang kemarin lain dari biasanya. Hal ini karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta sejumlah pemimpin negara yang hadir dalam Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, menunaikan solat Jumat di masjid ikon warga Bandung itu.
Presiden Jokowi nampak bersama Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak serta sejumlah delegasi peserta KTT Asia Afrika berjalan kaki sejauh 800 meter menuju masjid yang terletak di Alun-Alun kota Bandung itu.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) bertindak menjadi khotib dalam sholat Jumat tersebut. Aher membacakan materi khutbahnya dalam tiga bahasa, Indonesia, Inggris, dan Arab.
Dalam khotbahnya, Gubernur Jabar itu mengharapkan agar dengan peringatan ke-60 KAA ini negara-negara peserta KAA bisa semakin kompak satu sama lainnya. Konferensi Asia Afrika 1955 lanjut Aher, adalah sebuah fenomena unik dan guru sejarah yang sangat bernilai bagi kemanusiaan.
“Solidaritas bangsa Asia Afrika 60 tahun lalu telah terbukti mampu menjadikan bangsa-bangsa Asia Afrika menjadi bangsa-bangsa yang merdeka. Maka saat ini dan masa-masa ke depan, solidaritas tersebut harus terus digaungkan dan digelorakan dalam kerjasama untuk membangun bangsa-bangsa Asia Afrika menjadi bangsa yang kuat, maju, aman sejahtera, beribadah serta bertakwa kepada Allah SWT,” ujar Aher dikutip islampos.com.
Bangsa Asia Afrika yang beragama Islam, kata Aher, wajib menjunjung tinggi ikatan persaudaraan di antara sesama muslim yakni yakni semangat kebersamaan sesama insan manusia yakni Ukhuwah Insaniah dan Islamiyah.

“Harus bersatu jangan pecah-belah, ini saatnya kita hadirkan kekuatan, kepada Palestina terus berjuang untuk kemerdekaan, kewajiban kemanusiaan terus dorong kemerdekaan Palestina, digaungkan digelorakan jadi bangsa kuat,” ujar dia. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top