Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Meskipun telah lama ditinggal mendiang Hugo Chavez, Venezuela masih tetap menjadi musuh bebuyutan bagi Amerika Serikat. Kali ini sang suksesor yang juga mantan wapres Venezuela era Chavez, Nicolas Maduro melakukan gebrakan.
Venezuela dikabarkan telah memerintahkan Amerika Serikat untuk menarik pulang lebih dari 80 diplomat dari misi diplomatik mereka di Venezuela dalam waktu dua minggu.
Pengusiran 80 diplomat AS ini terjadi setelah pada Sabtu (28/3) lalu, Maduro mengatakan AS terlalu ikut campur dalam urusan internal negaranya.
Menanggapi kabar pengusiran itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Deicy Rodriguez menyatakan Amerika bisa memutuskan mana dari 100 diplomat mereka yang akan ditarik seperti dikutip bbc.co.uk. Tujuan penarikan ini pun menurut Rodriquez adalah untuk mengimbangi jumlah diplomat Venezuela yang kini berada di Amerika Serikat yang berjumlah 17 orang.
Sementara itu, Presiden Venezuela juga mengeluarkan aturan baru kepada warga negara AS. Maduro mengatakan bahwa semua warga Amerika yang berkunjung ke Venezuela diharuskan mengajukan visa dengan harga yang sama dengan tarif pengajuan visa warga Venezuela yang hendak pergi ke Amerika Serikat.
Maduro juga menambahkan bahwa Venezuela akan mengeluarkan daftar politisi dari negeri Paman Sam yang dilarang masuk ke negaranya berkaitan dengan pelanggaran HAM.

Aksi ini sebagai balasan atas kebijakan Amerika Serikat yang melakukan pembatasan visa kepada sejumlah pejabat Venezuela yang dianggap melanggar HAM dan melakukan korupsi. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top