Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Penghancuran kota Irak kuno Hatra oleh kelompok Islamic State (IS) di Irak dikecam keras oleh badan PBB, UNESCO, demikian dilaporkan islampos.com.
Irina Bokova, Direktur UNESCO didampingi direktur jenderal Pendidikan Islam, Sains dan Budaya (ISESCO) Abdulaziz Othman Altwaijri, membuat pernyataan bersama soal itu pada hari Sabtu (7/3) lalu.
“UNESCO dan ISESCO sepenuhnya prihatin dengan keadaan darurat ini dan siap membantu pemerintah Irak dengan cara apapun yang mungkin dilakukan,” kata Bokova dan Altwaijri. “Penghancuran Hatra menandai titik balik dalam strategi mengerikan pembersihan budaya yang berlangsung di Irak,” tegas mereka.
Hatra berlokasi 80 kilometer sebelah selatan Mosul dan sebuah distrik di utara Irak yang belum lama ini mereka kuasai sejak penyerbuan oleh ISIS pada Juni 2014.
Kota ini pada abad pertama dan kedua masehi menjadi pusat pengembangan agama dan perdagangan setelah dikuasai oleh Kekaisaran Parthia yang secara politik dan budaya dipengaruhi oleh Iran. Selanjutnya kota ini menjadi ibu kota kerajaan Arab.
“Ini adalah serangan langsung terhadap sejarah kota-kota Arab Islam dan menegaskan peran penghancuran warisan budaya dalam propaganda kelompok ekstrimis,” tambah mereka.
Pernyataan itu juga mengatakan bahwa warisan budaya telah menjadi sasaran perusakan yang disengaja, dengan tujuan menghapus sejarah negara dalam upaya merusak kehidupan berdampingan secara damai dari masyarakat yang beragam.
Seperti diketahui sebelumnya, kelompok militan IS juga melakukan penghancuran artefak kuno Nimrud yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, akan tetapi dianggap sebagai oleh tempat penyembahan berhala oleh IS. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top