Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Kepedulian umat Islam terhadap penderitaan saudara-saudaranya yang tertindas trnyata masih besar. Bantuan kepada komunitas pengungsi Uighur, Rohingya serta muslim Pattani di Thailand selatan ditunjukkan oleh beberapa LSM Islam lintas negara.
Melalui Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), kaum muslimin Indonesia menyerahkan bantuan sebesar 1000 Dolar US untuk saudara-saudara seiman yang tertindas di wilayah Thailand selatan.
Pemberian bantuan itu merupakan rangkaian Road4Peace misi kemanusiaan untuk Muslim Rohingya, Uighur dan Pattani yang diselenggarakan pada 6-9 Maret 2015 lalu.
“Misi kemanusiaan ini adalah misi Road4Peace keenam,” ungkap Mustofa Manshor, yang memimpin perjalanan tersebut seperti dikutip islampos.com.
Misi kemanusiaan ini diikuti oleh tiga rombongan lintas negara dengan menggunakan mobil. Road4Peace sesi keenam ini diikuti oleh LSM lintasnegara, seperti MASSSA, Persatuan Ulama Wilayah Persekutuan dan Borderless Volunteer dari Malaysia. Sedangkan dari Indonesia, diwakili oleh Road4Peace Indonesia, HASI dan JITU.
Menurut Musthofa, tujuan utama diadakannya Road4Peace ini adalah menjalin silaturrahmi dengan saudara Muslim dari etnis minoritas Rohingya dan Uighur yang banyak terdampar serta tinggal di wilayah selatan Thailand serta perbatasan Malaysia.
Selain itu, tim juga bergerak melakukan kunjungan ke rumah imigrasi Padang Besar, Distrik Sadao Provinsi Songkhla guna menyerahkan bantuan pada para pengungsi dalam tahanan imigrasi. Kemudian tim Road4Peace juga mengunjungi sekolah dan pondok pesantren di kawasan Pattani.

Kemudian rombongan mengunjungi Konsulat Jenderal Malaysia di Songkhla, Thailand. Dalam pertemuan tersebut pihak konjen Malaysia memberikan dukungan penuh pada misi kemanusiaan Road4Peace serta berkomitmen membantu urusan birokrasi selama perjalanan tim kemanusiaan serta juga melakukan kunjungan ke penjara. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top