Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadist Internasional Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz ke-6 resmi diselenggarakan mulai 23-26 Maret 2015. Bertempat di Masjid Masjid Istiqlal Jakarta, Musabaqah tingkat Asia dan Pasifik ini diikuti 82 orang peserta dari 13 negara. Peserta berasal dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Philipina, Thailand, Myammar, Kamboja, Kazakhstan, Tajikistan, Kirgyztan, Australia dan New Zealand serta Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah.
“Ada 18 negara yang diundang, Alhamdulillah yang bisa hadir 13 negara. Jumlah peserta yang hadir ada 82 peserta,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Shobah Surur Syamsi, di Jakarta, Selasa (24/3) seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.
Mustofa Mubarak, Duta Besar Arab Saudi yang turut hadir menyaksikan musabaqah hafalan Al Quran dan Hadits ini mengatakan bahwa pelaksanaan musabaqah yang diikuti oleh pelajar atau mahasiswa ini, didanai oleh Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz.
“Saat ini Pangeran Sultan telah wafat, pendanaan dilanjutkan oleh putranya Pangeran Khalid Bin Sultan,” ujar Dubes Mustofa menjelaskan.
Menurutnya, penyelenggaraan musabaqah di Jakarta menunjukan kerjasama pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi semakin erat khususnya dalam pengembangan dakwah Islam. Kegiatan ini juga diharapkan memberi semangat kepada para peserta dan masyarakat dalam menggiatkan Al Quran lanjut Mustafa.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Shobah Surur Syamsi menjelaskan, dalam musabaqah ini akan ada 5 cabang perlombaan, yakni Hafalan Al-Quran 30 Juz, 20 Juz, 15 Juz dan 10 Juz, serta hafalan 500 Hadist. Dr. Shobah juga menjelaskan bahwa dewan juri yang akan menilai para peserta seluruhnya merupakan orang-orang yang berasal dari Lembaga Musabaqah Internasional dari Arab Saudi.
Menurut Shobah, untuk musabaqoh tingkat ASEAN, Asia Tengah dan Pasifik ini panitia telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai dan ibadah Haji bagi seluruh pemenang. Meski diadakan di Indonesia, namun, Shobah menjamin netralitas penyelenggara.
“Pemenangnya nanti karena ada 5 cabang, masing-masing juara 1, 2 dan 3, jadi ada 15 pemenang. Para juara akan mendapatkan hadiah berupa uang, untuk juara 1, sebesar 16ribu real atau sekitar Rp 48 juta dan Ibadah Haji untuk seluruh pemenang,” tambahnya.
Melalui kegiatan ini para peserta diharapakan semakin bersemangat untuk terus meningkatkan kemampuan mereka. Selain itu, kerjasama antar negara-negara juga dapat ditingkatkan melalui kegiatan ini.

“Tujuan acara ini, antar negara peserta, kan ada negara yang besar, ada yang kecil, ada negara maju dan berkembang, semuanya diharapkan ada kerjasama dan saling tolong menolong. Selain itu, dapat menjadi pemersatu dan menjadi kekuatan islam,” pungkas Shobah. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top