Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Langkah Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) secara online ditanggapi positif oleh beberapa pihak. Salah satunya adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Ketua MUI Bidang Pendidikan Anwar Abbas, MM. MAg, menilai bahwa pelaksanaan UN secara online merupakan gagasan yang baik, maju dan modern. Abbas menambahkan meskipun bagus, keberhasilan pelaksanaan UN secara online ini sangat tergantung pada kesiapan sarana prasarana serta kesiapan anak didik.
Hal ini Karena tujuan dan rencana yang baik jika tidak didukung oleh sumber daya, serta kesiapan anak didik yang minim maka hasilnya tentu akan buruk lanjut Abbas.
"Untuk itu hal tersebut menurut saya sangat tergantung kepada hasil kajian dan pantauan pihak Kementerian. Jadi menurut saya pada prinsipnya cara tersebut bisa saja dilaksanakan," kata Abbas seperti dikutip republika.co.id, Ahad (1/3).
Menurutnya, pelaksanaan Ujian Nasional online ini sebaiknya dilakukan di sekolah yang memang sudah memiliki kesiapan baik kesiapan anak didik, maupun kelengkapan sarana dan prasarananya.
Agar tak terjadi kebocoran, Abbas menilai bahwa waktu pelaksanaan UN online ini sebaknya dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan UN yang manual.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan mengatakan, pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer memiliki efisiensi tinggi dibandingkan ujian nasional biasa. Ujian berbasis komputer (online)  ini jauh lebih sederhana baik dari sisi teknis maupun sumber daya manusianya. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top