Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Dalam ajaran Islam, dianjurkan untuk memberikan vaksinasi kepada anak-anak sebagai tindakan pencegahan (preventive) awal terhadap suatu penyakit. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. HM. Hamdan Rasyid, MA anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat acara “Perkembangan Program Imunisasi di Indonesia” di Kampus Kedokteran UI Rabu (4/3) kemarin.
Hanya menurut dia, vaksin yang diberikan harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti kehalalan, baik itu bahan baku, proses pembuatan hingga hasil akhirnya.
“Agar kita bisa melindungi diri sebelum terkena penyakit, Islam memperbolehkan kita untuk melakukan vaksinasi. Permasalahannya, bahan yang dipakai (dalam vaksin) suci atau najis. Masalah halal dan haramnya yang penting,” ujarnya.
Akan tetapi, dalam kondisi darurat dikarenakan penyakit tertentu dimana vaksin halal belum tersedia, maka diperbolehkan menggunakan vaksin yang ada lanjut Hamdan. Dengan catatan bahwa ada upaya pengembangan produk yang halal terhadap vaksin tersebut.
“Dalam kondisi normal memang hal-hal haram (misalnya vaksin) tidak boleh dipakai. Tetapi dalam kondisi darurat, lalu tidak ada pilihan selain (vaksin) yang haram, maka diperbolehkan, tetapi tidak boleh terus menerus,” kata Hamdan.
Hamdan memberikan contoh vaksin polio khusus (IPV) serta vaksin polio oral (OPV), boleh saja diberikan kepada anak-anak, sepanjang belum ada IPV dan OPV jenis lain yang halal. Ini juga berlaku sama halnya dengan vaksin meningitis.
Pembolehan penggunaan vaksin meningitis yang haram ini menurut Hamdan hanya bersifat kondisional atau pada kondisi darurat saja, hingga nantinya ditemukan vaksin meningitis yang halal. Hamdan juga menambahkan, penyediaan vaksin halal adalah salah satu langkah strategis untuk mempercepat program imunisasi.

Dan oleh karena itu, Hamdan berharap bahwa pemerintah bisa memberikan jaminan vaksin yang beredar di masyarakat nantinya adalah produk halal yang sudah diakui. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top