Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Tahun 2015 dijadikan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai momentum untuk bangkit. MES berusaha mendorong kemajuan sektor riil disaat sektor keuangan syariah sedang berusaha untuk tumbuh lebih baik.
Industri penerbitan khususnya penerbitan buku-buku Islam merupakan bagian dari sektor riil. Oleh karena itu tak bisa dielakkan perannya dalam mengembangkan usaha umat. Pada saat sekarang ini pertumbuhan industri penerbitan buku-buku Islam makin terasa, apalagi dengan kerjasama yang terjalin antar penerbit buku Islam tersebut di ajang Islamic Book Fair (IBF).
Saat pertama kali IBF diselenggarakan pada tahun 2001, pameran buku ini hnya diikuti oleh 75 stan dengan penerbit tak lebih dari 20 penerbit saja. Namun pada 2015 ini, jumlah stan yang ada sudah mencapai 415 buah dengan jumlah penerbit tak kurang dari 100 penerbit.
Bukti lain adalah, di saat terjadi krisis global tahun 2008 yang tak hanya berdampak pada sektor keuangan saja namun juga pada sektor penerbitan umum, industri penerbitan buku-buku Islam mampu bertahan terhadap goncangan krisis global tersebut. Penerbitan buku-buku Islam masih bisa bertahan dan tetap berkembang.
Padahal, mayoritas usaha penerbitan buku Islam merupakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang modal awalnya tidaklah besar, berkisar 50 juta rupiah saja. Tetapi mereka dapat membuktikan kemampuan mereka untuk tetap bertahan dan terus meningkatkan jumlah buku yang diterbitkan serta jumlah penjualan.
''Kami melihat ada keberkahan. Sebab misi penerbit buku Islam tidak melulu soal bisnis, tapi syiar Islam dan dakwahnya. Jadi keuntungannya ganda,'' tutur Afrizal Sinaro, Ketua IKAPI DKI seperti dikutip republika.co.id.
Afrizal menilai bahwa inilah saatnya sektor keuangan syariah ikut berperan, sebab potensinya luar biasa dan belum tersentuh. Selain itu, industri penerbitan buku Islam sudah laik bekerja sama dan dikembangkan perbankan syariah.

Tidak dibantu oleh perbankan saja penerbit Islam bisa jalan menghidupi usahanya apalagi jika ada kerja sama dengan perbankan pungkas Afrizal. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top