Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menyatakan bahwa dibandingkan negara-negara di Timur Tengah dan Asia Tenggara lainnya, potensi perkembangan perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia lebih menjanjikan.
“Potensi perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia menjanjikan. Hal ini menjadikan Indonesia layak sebagai pusat pengembangan pendidikan keagamaan Islam di dunia, ” katanya di Kendari, Ahad (8/3) kemarin seperti dikutip pelitaonline.com.
Menurut dia, Indonesia memiliki lebih banyak perguruan tinggi Islam jika dibandingkan dengan negara-negara yang selama ini menjadi pusat pendidikan tinggi Islam seperti Mesir dan Arab Saudi.
Seperti diketahui, di Mesir tercatat memiliki 55 perguruan tinggi Islam, Arab Saudi punya 60, dan Malaysia punya 35. Sementara di Indonesia, ada sampai 6.000 perguruan tinggi keagamaan Islam.
Berdasarkan data tersebut, kata dia, membawa optimisme bagi Indonesia dapat menjadi kiblat perguruan tinggi keagamaan Islam dunia. Sejak lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam dirintis tahun 1960-an hingga saat ini menunjukan banyak perkembangan dan kemajuan yang menggebirakan. Dia mengatakan perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia yang berkembang ditengah hegemoni sosial kemasyarakatan menjadi ciri khas yang membedakan dengan perguruan tinggi di negara-negara lain.
Sehingga, impian menjadikan Indonesia sebagai pusat pendidikan Islam dunia bukanlah sesuatu yang berlebihan. Pengelolaan akademik yang "berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah" dengan prinsip-prinsip demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi ciri khas perguruan tinggi keagamaan Islam Indonesia.

“Ilmuwan dunia harus diyakinkan bahwa jika mau mengetahui atau memperdalam ilmu keagamaan Islam harus ke Indonesia. Tidak harus ke Mesir dan Arab Saudi,” pungkas Menteri Agama seperti dilansir hidayatullah.com. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top