Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Pengantar
Salah satu dogma dalam Katolik adalah pemujaan terhadap Maria sebagai Bunda Allah dan sebagai pengantara terhadap doa-doa yang dilakukan. Selama berabad-abad para pemimpin Katolik dalam perenungan teologis, pastoral dan teks-teks Alkitab dilakukan untuk menghubungkan Maria dengan Kristus, Roh Kudus, Gereja, dan penyelamatan manusia. Pada Konsili Nicea tahun 325 M ditetapkan bahwa Yesus adalah Tuhan. Pada Konsili Konstatin tahun 381 M ditetapkan Roh Kudus sebagai Tuhan sehingga Allah menjadi Trinitas dan kemudian pada Konsili Efesus pada tahun 431 M ditetapkan Maria sebagai Bunda Allah.
Pernyataan itu dalam dogma Katolik dikeluarkan untuk membela kesatuan pribadi Kristus dan menolak ajaran yang mengatakan bahwa dalam diri Kristus ada dua pribadi yang berbeda, yang satu pribadi ilahi dan yang satunya pribadi manusiawi yang lahir dari Maria. Di Barat kebaktian kepada Maria lepas dari konteks kristologis yang sebenarnya, dan begitu dibesar-besarkan sebagaimana terungkap dalam pepatah de maria numquam satis ( mengenai Maria tidak pernah cukup Lat.) sehingga pemujaan Maria jatuh pada penyalah gunaan. (Kamus Teologi, Gerald O'Collin, SJ, Kanisius 2003 hal 190 )
Kepercayaan dalam Kristen
Nabi Isa as (Yesus) dan Ibunya Maria disetarakan dengan Allah.
Yesus  disebut sebagai Allah
  • ( Roma 9:5...Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya).
Yesus disebut Tuhan
  • ( Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.)
Yesus disebut Anak Allah
  • (Kisah Rasul 9:20  Ketika itu juga ia memberitakan Yesus di rumah-rumah ibadat, dan mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah.)
Yesus diberi gelar Juruselamat atau Kristus atau Mesias
  • (Kisah rasul 9:22 Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias.
Ulasan
Yang mengatakan atau mengajarkan bahwa Yesus adalah Allah, Yesus adalah Tuhan, Yesus adalah Anak Allah dan Yesus adalah Kristus tidak lain adalah Paulus bukan Yesus sendiri.  Sementara Yesus membantah dan tidak mengenal orang-orang yang mengatakan dirinya adalah Tuhan seperti pada ayat-ayat berikut:
Yang mengatakan Yesus Tuhan diusir oleh Yesus dihari kiamat
  • Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”
Yang mengatakan Yesus adalah Kristus adalah penyesat atau penipu
  • Matius 24:4 Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias/Kristus, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
Yesus melarang murid-muridnya untuk mengatakan bahwa dirinya adalah Kristus/Mesias
  • Matius 16:20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapa pun bahwa Ia Mesias.
Jadi jelas apa yang dikatakan dalam Al-Qur'an maupun Injil bahwa Nabi Isa as/Yesus tidak pernah mengajarkan bahwa dirinya Tuhan
Bunda Maria adalah Bunda Allah
  • Orang-orang Kirsten khususnya Katolik mempercayai bahwa Maria adalah Bunda Allah. Maria adalah bunda Yesus. Karena Yesus disamakan dengan Allah maka Maria adalah Bunda Allah.
Maria seorang perawan
Dalam Injil
  • Lukas 1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
Dalam Al-Qur'an
  • Qs 19 :20 20. Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!”
Ulasan
Ada suatu pertanyaan.  Masuk akalkah seorang perawan bisa hamil tanpa persetubuhan dengan laki-laki ?. Jawabannya adalah tidak mustahil bagi Allah yang merancang berkembang biak manusia, untuk membuahi sebuah sel telur pada rahim Maria dengan cara diluar manusia.
Tetapi ada pertanyaan lain, kalau begitu apakah yang membuahi Maria adalah Allah sendiri. Dengan demikian apakah Allah adalah suami Maria? Dan bagaimana Maria disebut Bunda Allah ?
Menurut New Catholic Encyclopedia 1967, Jil X hal 21 mengatakan bahwa Maria adalah benar-benar ibu Allah jika dua syarat dipenuhi: bahwa ia adalah benar-benar ibu Yesus dan bahwa Yesus benar-benar Allah. Alkitab mengatakan bahwa Maria adalah ibu Yesus, namun apakah Yesus itu Allah ?. Pada abad ke 4, lama setelah Alkitab selesai ditulis, gereja merumuskan pernyataannya mengenai Tritunggal. Pada waktu itu dalam kredo Nicea ( 325 M ), gereja berbicara tentang Yesus Kristus sebagai " Allah  yang sesungguhnya ".  Setelah itu  pada Konsili di Efesus pada tahun 431 M, Maria dinyatakan oleh gereja sebagaiThe.o.to' kos, yang berarti " yang melahirkan Allah " atau " Ibu Allah ". Tetapi kedua ungkapan maupun gagasan itu tidak terdapat dalam naskah dari Alkitab manapun .
Apakah Maria juga bebas dari dosa seperti  Yesus ?
  • Menurut New Catholic Encyclopedia1967 Jil VII hal 378-381 mengatakan berkenaan asal usul kepercayaan bahwa Maria dikandung tanpa dosa.  Doktrin  agama Katolik yang mengatakan bahwa Maria dikandung tanpa dosa  tidak diajarkan dengan jelas dalam Alkitab.....Bapa-bapa gereja yang mula-mula menganggap Maria suci tetapi tidak sama sekali tanpa dosa....kepercayaan ini dianggap sebagai iman menjelang abad ke 8 atau ke 9 dan hal ini sudah diterima secara umum.
  • Menurut The Document of Vatican II ( New York 1966, hal 88 ). Pada tahun 1854 Paus Pius IX menetapkan dogma yang menyatakan bahwa Perawan Maria yang paling Diberkati telah terpelihara dari semua dosa asal pada saat pertama ia dikandung. Kepercayaan ini diteguhkan oleh Konsili Vatikan II tahun 1962-1965.
Menurut Alkitab Adam mewarisi dosa asal
  • Roma 5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.
Semua orang telah berbuat dosa.  Apakah termasuk  Maria ?
  • Lukas 2:22 Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan,23 seperti ada tertulis dalam hukum Tuhan: “Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah”, 24 dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati.
Maria juga mempersembahkan korban untuk pentahiran atau penyucian dosa.
Ulasan
Didalam Al-Qur'an Nabi isa as/Yesus dan Ibunya Mariyam adalah manusia-manusia biasa. Mereka dibumi hidup, dibumi mati dan di bumi dibangkitkan seperti pada yat-ayat berikut ini :
  • Qs 5:75. Al Masih putra Maryam hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli Kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu).
  • Qs 7: 25. Allah berfirman: “Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan.
Dan Nabi Isa as/Yesus selama hidup dibumi beristeri dan mempunyai keturunan
  • Qs 13:38. Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamudan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu).
Maria naik kesurga dengan jasmaninya ?
  • Dalam ajaran Katolik ada kepercayaan bahwa Maria juga naik ke surga dengan jasmani. Kepercayaan ini dibuat oleh Paus Pius XII tahun 1950 sebagai suatu pokok resmi dari iman Katolik. Dalam New Catholic Encyclopedia 1967 Jil I hal 972 mengatakan bahwa anggapan ini tidak disebutkan dengan jelas dalam Alkitab,  namun Paus bersikeras dalam dekrit pengumumannya bahwa Alkitab adalah dasat terakhir dari kebenaran. Tidak ada dalam Alkitab yang mengatakan bahwa setiap orang dapat memperoleh kehidupan surgawi dalam suatu tubuh yang membutuhkan lingkungan jasmani di bumi untuk menunjangnya.
  • Menurut Kamus Teologi, Geral O' Collins SJ, Kanisius 2003 hal 189 mengatakanAssumstion of the Blessed Virgin . Dogma yang dimaklumkan pada tahun 1950 oleh Paus Pius XII, menyatakan bahwa pada akhir hidupnya didunia ini Maria diangkat kesurga dengan jiwa dan raganya, masuk kedalam kemuliaan abadi. Kalau Kristus naik ke surga dengan kekuatan Nya sendiri, Maria diangkat ke surga oleh keuatan ilahi.
Dogma tentang Maria diangkat kesurga ini telah di luruskan dalam Al-Qur'an seperti dalam ayat dibawah ini
  • Qs 23:50. Dan telah Kami jadikan (Isa) putra Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir.
Bunda Maria sebagai pengantara dalam doa  orang-orang Katolik
Didalam Alkitab Yesus mengajarkan cara berdoa langsung kepada Bapa Atau Allah.
  • Matius 6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. 11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]
Yesus dalam mengajarkan cara berdoa tidak memakai pengantara tetapi langsung kepada Allah.
Maria sebagai pengantara dalam doa
Dalam The Document of Vatican II hal 94 dikatakan bahwa kebiasaan ini dengan pasti dianjurkan oleh Konsili Vatikan II ( 1962-1965 ). Sinode yang paling kudus ini menasehatkan semua putra gereja agar cara pemujaan terutama cara pemujaan menurut liturgi ( tata ibadat ) kepada Perawan Yang Diberkati, dibantu perkembangannya secara besar-besaran. Diminta agar kebiasaan dan pelaksanaan pemujaan terhadap Maria sangat dijunjung tinggi .
Ulasan
Didalam Injil Maria sebagai hamba yang memuji Allah sebagai juruselamatnya
Lukas 1:46 Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan,:47 dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku,48 sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,49 karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.
Yesus bukan anak tunggal Maria
Didalam Alkitab dikatakan bahwa Yesus mempunyai saudara laki-laki dan perempuan lain bapak seperti diutarakan dalam ayat berikut :
  • Matius 13:53 Setelah Yesus selesai menceriterakan perumpamaan-perumpamaan itu, Ia pun pergi dari situ.54 Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? 56 Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?”
Ulasan
Dalam New Catholic Encyclopedia 1967 Jil IX hal 337 mengatakan menjelang akhir abad ke 4 kira-kira tahun 380M Helvidius dalam sebuah karyanya yang kini sudah hilang, menandaskan fakta bahwa Maria memiliki anak-anak lain selain Yesus sehingga membuatnya seorang ibu teladan bagi ibu-ibu dari keluarga-keluarga yang lebih besar.  Santo Jerome yang digerakkan oleh iman gereja tradisional tentang keperawanan Maria yang abadi, menulis sebuah risalah melawan Helvidius tahun 383M.
Asal usul pemujaan terhadap Maria dalam sejarah.
  • Menurut The Making of the Popes 1978 hal 227 mengatakan bahwa Imam Katolik Andrew Greely mengatakan bahwa Maria adalah salah satu dari lambang agama yang paling kuat dalam seajarah dunia Barat. Lambang Maria menghubungkan kekristenan secara langsung dengan agama-agama dari dewi-dewi ibu pada zaman purba.
  • Yang menarik adalah tempat diteguhkannya ajaran bahwa Maria adalah Ibu Allah. Dewan Efesus berkumpul dalam basilika dari Theotokos pada tahun 431 M. Di kota Efesus yang mempunyai nama paling buruk karena penyembahan kepada dewi Artimis atau Diana yang menurut orang Romawi patungnya turun dari surga, dibawah naungan kuil besar yang dibaktikan kepada Magna Mater ( Ibu Agung ) sejak tahun 330 M.  ( The Cult of mother Goddness, New York 1959, hal 207.
  • Dalam Ensiklopedia Alkitab Masa Kini  hal 268 dikatakan didalam kuil Diana terdapat patung berhala perempuan Artemis, yang dianggap jatuh dari langit. Bandingkan dengan Kisah rasul  19:35 Akan tetapi panitera kota menenangkan orang banyak itu dan berkata: “Hai orang Efesus! Siapakah di dunia ini yang tidak tahu, bahwa kota Efesuslah yang memelihara baik kuil dewi Artemis, yang mahabesar, maupun patungnya yang turun dari langit?
Ulasan
Dari keterangan-keterangan diatas ternyata asal mula pemujaan Maria sebagai Bunda Allah tidak lepas dari kepercayaan terhadap penyembahan dewi Artimis di kuil Diana yang patungnya turun dari surga. Ini sangat nyata dengan cerita patung Maria di Sendangsono, Kulon Progo, Yogyakarta. Konon menurut cerita orang-orang sekitarnya bahwa patung Maria yang ada di Sendangsono adalah misterius karena turun dari langit.
Dewi Artimis
  • Menurut Enciklopedia Alkitab Masa Kini 2002 hal 102 ; Artimis adalah anak perempuan dari dewa Zeus dan Leto serta saudar kembar dewa Apolo. Dewi ini dipuja  sejak zaman pra Yunani. Dia merupakan dewi bulan dan perburuan dan umumnya digambarkan sebagai pemburu yang ditemani oleh beberapa anjing. Kuilnya di Efesus adalah salah satu dari ketujuh keajaiban dunia dan tempat pemujaan terhadap " dewi perawan ". Para arkeolog sudah menemukan patung-patung yang mengambartkan seorang dewi dengan banyak buah dada.
Legio Maria
  • Didalam Katolik terdapat nama Legio Maria yaitu suatu perkumpulan orang-orang Katolik yang dengan restu Gereja dan dibawah pimpinan Bunda Maria yang dikandung tanpa dosa, pengantara segala rahmat tergabung dalam satu laskar untuk mengabdi di medan pertempuran yang senantiasa berlangsung antara gereja melawan dunia dengan segala kekuatan jahatnya ( Legio Maria, 1985 hal 1 ). Tujuan Legio Maria adalah pemuliaan Tuhan melalui pengkudusan para anggotanya dengan doa dan kerja sama yang aktif dibawah pimpinan gereja dalam tugas Maria dan gereja untuk menghancurkan kepala ular dan meluaskan kerajaan Kristus. Legio Maria dibentuk di Myra House, Francis Street, Dublin, Irlandia pada tanggsal 7 September 1921.
Gua Louders
  • Didalam Katolik dikenal Gua Louders yaitu tempat ziarah di Perancis selatan; pada tahun 1858 ada seorang gadis bernama Bernadette Soubirous yang berusia 14 tahun melihat beberapa kali penampakkan Bunda Maria. Pada waktu itu terbit mata air dari sebuah gua batu, air dari sumber itu ajaib dan sudah banyak menyembuhkan orang yang sakit. Air dari sumber ajaib itu dibawa ke seluruh dunia sebagai Air Louders. Dan Bernadette Soubirous  dinyatakan kudus (1933) oleh Paus Pius XI. ( Ensiklopedia Populer tentang Gereja 1978, Kanisius hal 154 ).
Gua Louders-Gua Louders di Indonesia
  • Sendangsono yang terletak di pegunungan menoreh Kulon Progo Yogyakarta. dulunya bernama sumber Semagung, salah satu mata air didaerah itu. Para rahib Budha yang pulang dari Borobudur ke biara ( yang sekarang Boro ) memilih air sendang ini untuk diminum. Setahun sekali disendang ini diadakan selamatan dan sesaji bagi roh yang mendiaminya. Pada 14 Desember tahun 1904 air sendang ini diberkati oleh Pastur van Lith dari Muntilan guna membaptis 171 orang yang kemudian menjadi umat Katolik awal di Jawa Tengah. Sekarang sepanjang tahun banyak orang Katolik berziarah ke Sendangsono untuk menghormati Bunda Maria dan mengajukan permohonan kepada Allah melalui perantaraannya.Pada tahun 1958 dibangun arca-arca Jalan Salib dari Gereja Promasan sampai Sendangsono. Pada tahun 1980 Sendangsono merayakan pesta emasnya dan sudah banyak orang Katolik tertolong dan terkabul doa-doanya waktu berziarah dan berdoa ke Sendang sono ( Ensiklopedia populer tentang Gereja Katolik di Indonesia hal; 393 )
Ulasan
Penulis adalah berasal dari Muntilan yang pada waktu kecilnya sering bermain ke Sendangsono. Ada cerita menarik tentang patung Bunda Maria yang ada di Gua Sendangsono. Menurut cerita salah seorang putra dari pelaku sejarah yang membawa patung Bunda Maria, bahwa Patung Bunda Maria yang oleh orang-orang Katolik dianggap sebagai Patung tiban atau misterius. Maksudnya patung Bunda Maria itu turun dari surga seperti patungnya dewi Artimis. Tetapi yang sebetulnya adalah ulahnya Pastur van Lith dari Muntilan yang membawa  diwaktu tengah malam pada waktu orang-orang kampung lelap tidur. Kemudian paginya dibuat berita tentang adanya patung Bunda Maria yang turun dari surga. Dasar orang kampung , dibohongi begitu percaya saja.
Penutup
Didalam Al-Qur'an Allah menegur Nabi Isa as dan ibunya .
  • Qs 5: 116. Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putra Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?” Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib-gaib”.           
Jawaban Nabi Isa as atas  teguran Allah
  • Qs 5:117.Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan) nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.
(penulis Ustadz Yohanes Kodiran Salim-Kristolog Akun FB:Kodiran)

[islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top