Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Bupati Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman tengah gencar menggalakkan program Maghrib mengaji di sejumlah masjid di Bangka Tengah. Erzaldi menyatakan bahwa program itu tetap harus berjalan dengan tujuan untuk memberantas buta aksara Al-Quran.
“Gerakan maghrib mengaji ini harus tetap dilaksanakan, karena kegiatan ini merupakan upaya mengajarkan anak dan orang tua untuk bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar,” ujarnya saat melaksanakan kegiatan magrib mengaji di Mushala Ar-Rahman Desa Lubuk Laut seperti dikutip hidayatullah.com.
Mengaji seusai Maghrib, menurut Erzaldi merupakan tradisi keluarga Islam Indonesia dan menjadi hal yang biasa dilakukan masyarakat. Namun Erzaldi mengatakan bahwa tradisi tersebut tampaknya sudah mulai menghilang. Oleh karena itulah Pemda Bangka mencanangkan program Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (GEMMAR Mengaji) agar setiap waktu usai Maghrib lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an berkumandang di masjid-masjid dan dari rumah warga.
Kegiatan maghrib mengaji ini nantinya tak hanya membiasakan membaca Al-Quran tetapi juga bertujuan mengajak Umat Islam untuk meramaikan masjid dengan shalat berjamaah.
“Sekarang ini banyak masjid yang kosong setiap waktu shalat, maka program magrib mengaji ini satu upaya untuk meramaikan masjid dan mensiarkan agama Islam,” ujarnya.
Kegiatan ini menurut Erzaldi juga dapat melatih kedisiplinan anak, karena mengaji dan melaksanakan shalat berjamaah ada waktu yang telah terjadwal dan mereka tidak boleh telat datang.
Erzaldi juga berpesan kepada orang jangan memanjakan anak mereka dengan uang karena itu akan banyak memberikan efek negatif, lebih baik ajarkan mereka ilmu pengetahuan yang baik dan berguna untuk masa depan mereka nantinya.
“Saya juga minta kepada warga jangan mudah percaya dengan informasi negatif baik yang disampaikan secara langsung maupun melalui telepon seluler, apalagi menjelang pemilihan kepala daerah,” ujarnya.
Setiap sepekan sekali, Bupati Bangka Tengah bersama rombongan melakukan kunjungan ke desa-desa guna mengaktifkan program Sajadah Fajar dan Maghrib Mengaji.

Langkah Bupati Bangka Tengah juga diamini oleh Bupati Bangka Barat (Babar) Zuhri M Syazali. Zuhri juga meminta masyarakat di daerah itu menggalakkan kegiatan Maghrib mengaji untuk meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al Quran. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top