Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Majelis Legislatif Negara di Kelantan, Malaysia pada Kamis (19/3) kemarin, mensahkan secara bulat amandemen terhadap Undang-Undang Syariah kelantan 1993.
Setelah lebih dari dua jam terjadi perdebatan oleh beberapa anggota legislatif negara bagian serta dua pidato terakhir termasuk di dalamnya pidato oleh Menteri Besar Datok Ahmad Yakoob, akhirnya amandemen ini disahkan.
Pemungutan suara disahkan dengan suara bulat oleh 44 anggota Majelis. Anggota Majelis Legislatif ini terdiri dari 31 orang dari PAS, 12 orang dari UMNO dan satu dari PKR.
Ahmad Yakoob dalam pidato terakhirnya menyatakan bahwa amandemen UU Syariah yang sudah disahkan ini adalah sebuah langkah bersejarah bagi negara Kelantan, karena amandemen ini didukung oleh semua anggota parlemen melampaui agenda politik dan individu di dalamnya.
“Perjalanan kita telah lama dengan banyak menghadapi hambatan. Hari ini, kita melangkah lebih lanjut untuk membuat hudud menjadi kenyataan di Kelantan,” katanya sebelum amandemen disahkan seperti dikutip hidayatullah.com.
Wakil Ketua PAS ini juga menyatakan bahwa hukum hudud tidak akan diberlakukan bagi mereka yang non-muslim dan hanya diberlakukan kepada seluruh umat Islam di negara bagian Kelantan.
Ahmad juga menambahkan, pihak pemerintah negara bagian akan mematuhi aturan hukum yang berlaku serta tidak akan menghambat proses hudud yang akan diberlakukan nanti.
“Kami akan melalui proses hukum dan mudah-mudahan akan diberlakukan tahun ini,” imbuh Ahmad.
Sementara itu, Wakil Menteri besar Datuk Mohd Amar menyatakan dukungannya terhadap sikap Ahmad Yakoob tersebut. Datuk Mohd Amar mengatakan, pemerintah Kelantan akan segera menerapkan UU Syariah yang telah di amandemen tersebut setelah disahkan oleh parlemen.

“Sejak rapat Parlemen berlangsung, kami berencana untuk segera mendapat pengesahan akhir agar hudud dipraktekkan di Kelantan,” pungkas Datuk Amar. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top