Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Alhamdulillah. Setelah sempat menjadi tarik ulur dan polemik berkepanjangan di masyarakat. Kepolisian Republik Indonesia secara resmi telah mengeluarkan izin penggunaan jilbab bagi polisi wanita (Polwan).
Keputusan Kapolri No 245/III/2015 tentang perubahan atas sebagian surat keputusan Kapolri no pol SKEP/702/X/2005 tanggal 30 September 2006 tentang sebutan penggunaan pakaian dinas seragam Polri dan PNS Polri menjadi bukti telah sahnya Polwan diperkenankan memakai jibab.
Dalam surat yang ditandatangani pelaksana tugas Kapolri Komjen Badrodin Haiti tersebut menyebutkan tentang hal yang menjadi pertimbangan keluarnya keputusan ini adalah dalam rangka pemakaian jilbab bagi Polwan maka secara khusus tanggal 25 Maret 2015 untuk ketertiban administrasi dipandang perlu menetapkan keputusan.
Kepala Biro Penerangan Polri, Brigjen Pol Agus seperti dikutip islampos.com menjelaskan,“Sejak awal POLRI tidak pernah melarang polwan memakai jilbab. Hanya saja aturan jilbab itu perlu diatur kembali dalam SKEP No. 702 tentang Sebutan, Penggunaan pakaian dinas seragam Polri dan PNS Polri.”
Menurut Agus, jilbab yang dikenakan oleh Polwan harus sesuai dengan Keputusan Kapolri tersebut. Salah satu aturan dalam surat keputusan tersebut menyatakan bahwa jilbab yang dipakai adalah model tunggal polos atau tanpa emblem.
Sebelum keputusan No 245/III/2015 ini keluar, Polri sempat menunda ikhwal penggunaan jilbab bagi polwan. Padahal sebelumnya, saat Polri di era Kapolri Sutarman sudah mempersilakan anggotanya untuk menggunakan jilbab. Tapi kemudian ada perintah untuk tidak menggunakan jilbab terlebih dahulu hingga keluar Perkap soal jilbab polwan.

Penundaan dan progres yang lama dari Perkab Jilbab Polwan ini, membuat sempat muncul kegusaran dari kalangan umat Islam. Tapi syukur alhamdulillah hari ini Wakapolri Badrodin Haiti yang juga berasal dari keluarga Muhammadiyah ini lebih berpihak pada masyarakat mayoritas yang menginginkan polwan muslimah agar dapat berhijab. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top