Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Pengadilan Mesir kembali melakukan tindakan tegas terhadap para lawan politik serta pendukungnya. Kali ini, 31 hakim di Mesir dipensiunkan oleh Dewan Pengadilan Banding di Kairo. Pada hari Sabtu kemarin (14/3) seperti dikutip dari islampos.com, dewan disiplin pengadilan banding Kairo mempensiunkan dini 31 hakim dan memaksa mereka menandatangani pernyataan bahwa mereka mendukung Mursi selama demonstrasi anti kudeta pada tahun 2013.
Pengadilan Kedisiplinan Mesir yang dipimpin oleh Hakim Nabil Zaki tidak secara langsung mengatakan alasan atas keputusan yang diambil tersebut. Namun sumber-sumber di pengadilan mengatakan 31 hakim dipensiunkan karena menandatangani sebuah pernyataan yang mengecam penggulingan Mursi.
Menurut dewan disiplin pengadilan banding Kairo, ke-31 hakim itu terlibat dalam kegiatan politik yang melanggar peraturan peradilan Mesir. Namun hakim yang dihukum dapat mengajukan banding atas putusan tersebut.
Pengadilan juga membebaskan 25 hakim atas tuduhan yang sama.
Seperti diketahui, pemerintah Mesir menerapkan tindakan keras terhadap kelompok gerakan Ikhwanul Muslimin (IM) dan lawan politik sekuler setelah pemimpin militer menggulingkan Presiden Muhammad Mursi pada Juli 2013 yang disusul dengan protes massal melawan kekuasaannya.

Undang Undang Mesir mengizinkan para hakim untuk terjun ke politik, namun sejumlah kritikus dan kelompok HAM mengatakan pengadilan kedisiplinan tersebut menutup mata para hakim yang secara terbuka mendukung pemerintahan Sisi yang terpilih menjadi presiden pada tahun lalu. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top