Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Kebugaran tubuh menjadi bagian penting bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat berolahraga. Mereka yang banyak bekerja di belakang meja kerap kali mengeluh soal kondisi tubuh, mulai pegal-pegal sampai berat badan yang kian bertambah.
Memang, untuk mereka yang bekerja berada di dalam ruangan, sepertinya tidak mungkin dapat melakukan gerakan-gerakan aerobik di meja kerja mereka. Namun hal ini bukan berarti mereka tidak dapat melakukan apa-apa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran mereka. Mulai dari hal-hal yang mudah dan ringan. Misalnya memarkir kendaraan dan turun lebih jauh dari biasanya menuju ke tempat kerja.
Dengan berjalan kaki sedikit lebih jauh membuat mereka memiliki kesempatan yang baik untuk menjaga kebugaran diri. Begitu pula bila menggunakan kendaraan umum, dapat turun sekitar sedikit lebih jauh dari tempat kerjanya. Atau bersepeda ke tempat kerja bagi mereka yang tinggal tidak begitu jauh. Sebagaimana yang pernah diimbau Walikota Yogyakarta kepada masyarakatnya, mereka yang tinggal tidak lebih dari 3 km dari tempat kerjanya disarankan untuk bersepeda ke kantor atau lebih dikenal istilah “bike to work”.
Begitu pula jika menuju ruang kerja harus naik atau turun, bila tidak terlalu tinggi, lebih baik menggunakan tangga daripada menggunakan lift atau eskalator.
Ketika harus duduk di meja kantor, termasuk mereka yang bekerja menggunakan komputer, pastikan duduk pada posisi yang tegak dan nyaman. Biasakan meregangkan otot-otot di pergelangan tangan, otot leher dan pinggang. Termasuk menyempatkan meluruskan kedua kaki sejenak, menarik napas dalam-dalam, dan membiarkan tubuh rileks sejenak, agar kebugaran tetap terjaga.
Dalam mengatasi kenaikan berat badan, Dr. John Bucley dari Universitas Chester, Inggris, seorang ilmuwan olahraga di Departemen Ilmu Klinis dan Gizi mengatakan, dengan bekerja sambil berdiri selama 3 jam setiap hari, lebih memungkinkan kita menurunkan berat badan. Ia melakukan hal ini dengan menggunakan podium kayu oak tua sebagai meja berdirinya, sebagaimana dilakukan peraih Nobel, Ernest Hemingway.
Ia menambahkan, dengan bekerja berdiri di meja selama 3 jam, daripada duduk, akan membakar 144 kalori ekstra setiap hari tanpa melakukan perubahan aktivitas di waktu luang atau tugas-tugas kerjanya. Menurutnya, jika seseorang membakar 114 kalori ekstra per hari, hal ini akan membangun lebih dari 30.000 kalori untuk seseorang yang bekerja 5 hari per minggu dan mengambil liburan 5 minggu per tahun, lebih dari 8 pon lemak manusia. Katanya, “Ini adalah cara sempurna untuk setiap pekerja kantor yang terikat pada awal tahun berikutnya berat badan turun 7 pon tanpa mengubah aktivitas rutinnya.”
Dr. Buckley bersama dengan mantan rekannya, Prof. Stuart Biddle, memutuskan untuk bersama-sama menghabiskan 3 jam sehari di sebuah meja podium. Kedua orang ini bekerjasama dan rajin mempromosikan aktivitas fisik untuk kesehatan melalui BASES (British Association of Sport and Exercise Sciences).
Rupanya beberapa tokoh dunia dikenal sebagai orang-orang yang gemar bekerja di meja berdiri. Selain Ernest Hemingway, ada pula Winston Churchill, Thomas Jefferson, Donald Rumsfeld dan lain-lainnya. Dr. Buckley berkomentar, “Saya tidak tahu Hemingway melakukan ini ketika saya memutuskan untuk menggunakan meja berdiri, tetapi rupanya ia bekerja dengan cara ini dari awal, jadi mudah-mudahan saya berada di jalur yang baik.”
Ia menjelaskan, selama lima dekade terakhir, partisipasi masyarakat Inggris dalam latihan dan olahraga cukup konstan. Oleh karena itu, harus menjadi kombinasi perilaku dan kebiasaan makan yang menjadi kontributor utama untuk peningkatan kesehatan seseorang.
Dr. Buckley yang bekerja di lantai tujuh Kampus Induk perguruan tinggi di Chester ini mengatakan, ia secara teratur mencoba untuk membuat upaya ekstra menggunakan tangga daripada lift untuk sampai ke kantornya. Ia menyarankan orang untuk melakukan hal yang sama kapanpun dan dimanapun mereka bisa. Ini adalah perubahan kecil yang bisa kita buat untuk perilaku kita, seperti bekerja di meja berdiri, menggunakan tangga, berjalan ke sudut toko, dan lainnya, yang dapat membuat perbedaan besar untuk keseluruhan tingkat aktivitas fisik, yang pada gilirannya berdampak pada berat badan dan kesehatan umum, jelasnya.

Sebagaimana disinggung Dr. Buckley, soal makanan juga perlu diperhatikan. Tidak asal nikmat dan mengenyangkan. Namun komposisi menu sehat perlu dikedepankan. Mengontrol makanan merupakan langkah awal dari kegiatan menjaga kondisi badan tetap prima. [islamaktual/sm]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top