Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Innalillahi wa innailaihi roji’un. Pembunuhan sadis terjadi pada tiga orang keluarga muda Muslim di Chapel Hill, North Carolina, Amerika Serikat pada Selasa sore (10/2) waktu setempat. Deah Barakat (23) dan Yusor Abu-Salha (21) pasangan muda suami istri dan adik Yusor, Razan Abu-Salha (19) ditemukan tewas dengan luka tembak di rumah mereka.
Tersangka pelaku adalah tetangganya sendiri, Craig Stephen Hicks (46) yang merupakan seorang ateis. Pelaku sendiri telah menyerahkan diri kepada pihak kepolisian setempat dan didakwa dengan tiga dakwaan pembunuhan tingkat pertama.
Menurut laporan pihak kepolisian, motif awal pembunuhan adalah perselisihan antara Craig dan keluarga muslim tentang masalah parkir di sekitar rumah tinggal mereka. kepala Polisi setempat Chris Blue menyatakan, “Penyidik kami sedang menginvestigasi apa yang memotivasi Hicks untuk melakukan tindakan yang tragis dan tidak masuk akal ini,” demikian dikutip nydailynews.com. Kepolisian memahami kekhawatiran publik bahwa kasus pembunuhan ini berlatar belakang kebencian terhadap agama tertentu.
Tersangka pembunuhan, Craig Stephen Hicks memang dikenal sebagai seorang ateis yang radikal. Beberapa postingan di laman facebook Graig memang bernada anti-agama. Craig juga sering memposting pendapat seorang tokoh ateis dan juga komedian Inggris yang juga seorang penulis Richard Dawkins.
Pembunuhan ini memicu solidaritas umat muslim di Amerika serikat dan juga di dunia. Hashtag #MuslimLivesMatter menjadi trending topic di laman twitter. Hashtag ini muncul akibat kurangnya perhatian serta pemberitaan kasus pembunuhan ini oleh media-media di Amerika Serikat.

Deah Barakat, warga Amerika keturunan Suriah menikah dengan Yusor Abu-Salha Desember tahun lalu. Deah adalah mahasiswa doktoral di UNC-Chapel Hill School of Dentistry. Sedangkan adiknya Razan Abu-Salha di laman facebook miliknya mengatakan ia mulai belajar  arsitektur dan desain lingkungan di North Carolina State University tahun lalu. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top