Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Islam semakin bergema di benua biru Eropa. Ya, kali ini berita menggembirakan datang dari negara Finlandia. Menurut laporan bbc.com, stasiun radio nasional Finlandia Yle pada 7 Maret 2015 mendatang akan segera menyiarkan serial pembacaan al-Qur’an.
Dalam situsnya, Yle menyatakan bahwa program ini merupakan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang al-Quran dan tentang nudaya Muslim di Finlandia.
Rancananya program ini akan dibagi dalam 60 episode, dan mengudara dengan durasi 30 menit setiap episodenya. Dalam sesi setengah jam itu akan ada segmen diskusi konteks dan makna ayat antara 2 ahli. Dua ahli tersebut adalah Imam Anas Hajjar, pemimpin komunitas Muslim Finlandia dengan didampingi Professor Jaakko Hameen-Anttila, selaku penerjemah bahasa Arab ke bahasa Finlandia.
“Imam Hajjar akan membacakan makna praktis dan kontemporer dalam ayat-ayat Quran, sedangkan saya akan membahas makna sejarah pada masa Quran diturunkan,” kata Professor Jaakko Hameen-Anttila.
Menurut Professor Hameen-Anttila, sangat penting bahwa al-Quran dibaca secara keseluruhan, dan tidak hanya memilih item yang menunjukkan bahwa Islam adalah buruk serta identik dengan kekerasan atau hanya melihat baik dan indahnya saja.
Semua materi tentang isi al-Qur’an akan disajikan agar para pendengar dapat menilai sendiri makna yang terkandung dalam kitab suci umat Islam itu.
Menurut Hameen-Anttila, menafsirkan isi al-Qur’an yang telah berusia 1.400 tahun untuk program itu tidak selalu mudah. Meskipun diakui belum ada perselisihan, namun Hameen-Anttila dan Imam Anas Hajjar sering membaca bagian yang sama namun melakukan pendekatan makna dari sudut pandang yang sangat berbeda.

Di Finlandia sendiri, saat ini diperkirakan tinggal sekitar Muslim 60.000 jiwa disana, dari total populasi warga Finlandia sekitar 5,4 juta orang. Yle menyatakan komunitas Muslim Finlandia luas terlibat dalam pembuatan program dan menyetujui program ini. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top