Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Nama Mohammad Nadjikh, tentunya bukanlah nama yang asing di telinga kalangan pengusaha dan masyarakat Jawa Timur. Pengusaha asal Gresik yang kini juga menjabat sebagai Ketua Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur ini dinilai sukses dalam membangun bisnis di bidang perikanan beserta aneka olahannya dengan bendera PT. Kelola Mina Laut Group.
Keberhasilan dan kesuksesan PT. Kelola Mina Laut (KML) terlihat dari permintaan pembeli di empat benua, meliputi Jepang, Taiwan, China, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia, Eropa, dan Timur Tengah. Pengiriman dengan volume rata-rata per bulan mencapai 100-120 kontainer 40 feet. Tak hanya itu, perusahaan yang didirikan Nadjikh sejak 17 tahun silam kini sudah memiliki 175 staf manajemen, 500 tenaga terampil dan 7.000 tenaga kerja.
Ini belum termasuk sekitar 600 UKM (pengepul) dan 125.000 nelayan. Seandainya satu individu menghidupi satu orang, maka sedikitnya 266.550 orang yang sudah terbantu perekonomiannya dari bisnis ini. Belum lagi sejumlah cluster ekonomi yang terbentuk di masyarakat. Sehingga secara tidak langsung, Nadjikh kini telah memberdayakan perekonomian ratusan ribu warga, tidak hanya Gresik, tapi juga sejumlah kota di Indonesia.
Jalan bapak Nadjikh dalam membangun gurita bisnisnya tidaklah semudah yang kita pikirkan. Beliau bukanlah lahir dari kalangan kaya yang dengan mudahnya mendapatkan uang, tapi untungnya beliau lahir dari keluarga pedagang sehingga semangat kemandirian selalu tertanam dalam dirinya. Sebelum membangun jaringan bisnis Kelola Mina Laut, suami dari drh. Titik Widajati ini pernah berkarir selama 6 bulan sebagai dosen di almamaternya IPB (Institut Pertanian Bogor). Namun karena berkarir sebagai dosen membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang besar, akhirnya Nadjikh memutuskan untuk menjadi seorang professional dan berkarir di sebuah perusahaan milik BUMN PT. Karya Nusantara (Persero) dan PT. Istana Cipta Sejahtera dengan jabatan terakhir sebagai development manager.
Meski tak terlalu besar, di perusahaan itu ia banyak belajar mulai pembelian, produksi, pengadaan, pemasaran, keuangan hingga Sumber Daya Manusia (SDM). Berkarir sebagai seorang profesional dalam waktu 9 tahun di perusahaan tersebut tidak memuaskan dirinya dalam mengembangkan potensi diri. Ia merasa bahwa masih banyak potensi dalam dirinya yang bisa dikembangkan apabila ia mendirikan usaha sendiri. Jalan terjal pun mesti ia lalui sebelum keluar sebagai profesional. Butuh waktu 6 kali resign untuk membuat perusahaan jera dan membiarkannya pergi.
Awal mula membuka PT. Kelola Mina Laut, ia tidak serta merta langsung untung. Empat bulan Nadjikh ekspor teri nasi ke luar negeri hasilnya selalu rugi. Namun karena kegigihannya maka di bulan kelima dan keenam perusahaannya baru berada di titik zero (tidak untung-tidak rugi). Setelah berada di titik zero barulah perusahaannya menunjukkan kinerja keuangan yang memuaskan.
Melalui kegigihan dan kerja kerasnya, sarjana Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Industri IPB tahun 1984 ini mampu menduduki peringkat 10 besar pengusaha ikan nasional. “Sejak tahun 1994 saya mulai dari bisnis ikan teri nasi kecil atau yang disebut orang teri medan di Tuban. Setelah itu saya kembangkan, beranak pinak, sampai sekarang kurang lebih ada 30 pabrik,” ungkap Nadjikh dalam salah satu media. Bahkan lanjutnya, orang Jepang pernah mengatakan kepadanya bahwa perusahaan miliknya merupakan perusahaan teri terbesar di dunia.
Saat-saat awal menjalankan usaha ini, Nadjikh terjun sendiri ke lapangan. Ia mengajari anak buahnya bagaimana membeli, mengelola, melayani pemasok, memproses, mengemas, menimbang, sampai membuat laporan keuangan. Semuanya ditangani sendiri sampai ekspor pun ditangani sendiri. Ia merasa beruntung karena kuliah di jurusan teknik industri karena mendukungnya memahami masalah processing.

Dengan kantor pusat di Kabupaten Gresik, Mohammad Nadjikh kini memimpin bisnis dengan nilai investasi 15 juta dollar US. Pabrik pengolahan hasil lautnya tersebar antara lain di Kabupaten Gresik, Makassar serta di Jakarta. Nadjikh mengaku belum puas dengan apa yang dia peroleh saat ini. Sebagai perusahaan yang bersaing di pasaran dunia, setiap tahun harus ada ekspansi usaha dan target pendapatan yang meningkat. [islamaktual/sm]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 comments:

  1. i am interested to buy Kepala Kerapu 1 kg up , please contact me sgintl@sgintl.org

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjual segala jenis ikan laut/ hasil laut CP.081330450634

      Delete
  2. Kepada Yth,
    Bpk/Ibu Pimpinan Perusahaan Bag Import
    Div, Export-Import / Purchasing

    Dengan Hormat,

    Perkenalkan kami dari PT SURYATAMA MAUFINDO INTERNUSA, International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas, pelayaran dan Customs,
    PT SURYATAMA MAUFINDO INTERNUSA, memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan pengiriman barang Import anda.

    New Service PT.SURYATAMA MAUFINDO INTERNUSA sbb :

    - Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma )

    - Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )

    - Jasa Undername Export-Import

    - Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )

    - Bea Import Glosir ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara

    - Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia

    - Cara konsultasi gratis untuk mengimport

    - Agensi : Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia

    Izin yang kami miliki antara lain :

    * API dengan XX bagian HS

    * SPI ( Produk Kehutanan )

    * SPI / IT Besi baja ( SPI QUOTA )

    * LS ( Laporan Surveyor )

    * LS Alas kaki

    * LS Electronic

    * LS Mainan

    * LS Pakaian jadi

    * LS Garment

    Demikian penawaran dari kami, atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

    Best regards,
    Irwan ( Mr )

    PT. SURYATAMA MAUFINDO INTERNUSA
    GRAHA EMRE LT. 3 Room 302
    Jl.Raya Pondok Gede No. 37, Pinang Ranti, Jakarta Timur, 13560
    Telp : 021-22804335
    Fax : 021-22804336
    Mobile : 085275415433
    E-mail : irwan.stmi@gmail.com

    ReplyDelete

Visit Us


Top