Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Akan selalu ada hikmah dibalik setiap peristiwa yang terjadi di dunia Islam. Setelah peristiwa runtuhnya WTC pada 11 September, dan dibarengi dengan kampanye Amerika Serikat menyerang muslim dengan alasan terorisme. Makin banyak orang di luar Islam yang tertarik untuk mempelajari Islam. Hal ini juga terjadi pasca serangan terhadap kantor redaksi majalah kontroversi Charlie Hebdo.
Terhitung sejak serangan yang menewaskan belasan orang pada 7 Januari 2015 di kantor Charlie Hebdo, permintaan akan buku-buku tentang Islam melonjak tajam di Perancis. Termasuk di dalamnya permintaan Al-Qur’an dengan terjemahan bahasa Perancis juga menjadi Top 100 penjualan di amazon.com selama 26 hari.
Dikutip dari laman berbahasa Perancis pageshalal.fr, Direktur Toko Buku La Procure Francois Maillot mengatakan, “Sejak pemboman, angka penjualan Qur’an meledak. Masyarakat yang menginginkan sumber informasi dan mendapatkan sumber informasi meminta kepada toko-toko kami apa saja terjemahan yang terbaik.” La Procure merupakan sebuah jaringan besar toko buku umum dan agama di Perancis.
Dikatakan Maillot bahwa di toko buku La Procure, beberapa warga Prancis mencari terjemahan Al Quran yang dicetak oleh beragam penerbit di antaranya Al Qur’an terjemahan Denise Masson (Penerbit Folio), Jacques Berque (Penerbit Albin Michel) dan Malek Chebel (Penerbit Livre de Poche).
Warga Prancis juga datang untuk mencari dan membeli buku-buku pengantar mengenai ajaran Islam. Breve histoire de l’islam a l’usage de tous (Sejarah singkat Islam dan manfaatnya untuk semua) karangan oleh Antoine Sfeir (Penerbit Bayard) serta buku L’Islam explique aux enfants et a leurs parents (Menjelaskan Islam kepada anak-anak dan orang tuanya) yang ditulis oleh Tahar Ben Jelloun (Penerbit Seuil) adalah dua buku tentang Islam yang laris manis dicari pengunjung.
Maillot juga memberi saran kepada warga Prancis, agar membeli dan membaca buku La maladie de l’islam (penyakit islam) dari seorang alhli agama Islam, Abdelwaheb Meddeb (penerbit Seuil). Isi buku tersebut adalah essay yang menganalisa dengan baik sumber-sumber integritas.

Tidak jauh berbeda dengan buku yang ditulis Remi Brague, seorang dosen filosofi Arab dan zaman pertengahan, Du Dieu des chretiens et d’un ou deux autres (Dari Tuhannya orang kristen dan satu atau dua (agama) lainnya) cetakan Penerbit Flammarion yang berisi tentang kunci-kunci penting dalam memahami sebuah debat tentang Islam. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top