Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Kunjungan Presiden Joko Widodo ke negeri jiran Malaysia beberapa waktu lalu salah satunya menghasilkan kesepakatan tentang Pemerintah Malaysia yang mau untuk mempermudah perbankan Indonesia untuk berkembang di Malaysia.
Namun, nada negatif dikeluarkan oleh beberapa pihak di dalam negeri Indonesia. Salah satunya adalah pengamat ekonomi Mangasa Augustinus Sipahutar.
“Sepertinya saya sedikit pesimistis, karena perilaku Malaysia susah ditebak. Sekarang ini kita bisa lihat, beberapa kali kita bermasalah dengan nergara itu, baik TKI, kebudayaan, sampai iklan yang kemarin. Itu membuat kita menjadi pesimistis," ujarnya seperti dikutip okezone.com.
Menurutnya Chairman MECODEStudies ini,jangan sekedar melakukan perjanjian bilateral saja  jika ingin perbankan Indonesia bisa berkembang di pasar Malaysia. Pemerintah seharusnya juga harus melakukan hal yang sama dengan Malaysia, yakni membuat kebijakan yang mampu menghambat perkembangan bank-bank asing di Indonesia.
"Sebetulnya mudah, bank-bank mereka yang beroperasi di Indonesia kan banyak. Kalau memang mau bernegosiasi seharusnya bisa dibuat peraturan oleh BI dan OJK. Coba dibuat refleksi kebijakan yang mampu menghalangi perkembangan bank mereka," tukasnya.
Mangasa yakin, jika hal itu tidak dilakukan, maka perjanjian tersebut akan sia-sia. Meskipun pemerintah merasa menang dalam negosiasi, akan tetapi jika  tidak mampu menahan laju bank-bank Malaysia yang beroperasi di dalam negeri maka keadaan tetap seperti ini pungkasnya.
Sebagai informasi, Pemerintah Malaysia melalui Bank Negara Malaysia telah mempunyai cetak biru (blueprint) pengembangan sektor keuangannya untuk periode 2011 hingga tahun 2020.
Untuk itulah, Pemerintah harus tegas mendorong konsolidasi perbankan, karena jika konsolidasi perbankan tidak pernah bisa terwujud, niscaya industri perbankan nasional semakin lama akan dikuasai investor asing. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Keuangan dan Perbankan.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Perbankan yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete

Visit Us


Top