Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Ternyata keuangan Islam tak hanya diminati oleh negara berpenduduk mayoritas Islam saja. Inggris yang notabene adalah negara Katholik memiliki keinginan untuk menjadi pusat industri keuangan Islam di dunia. Kota London ujar kantor Kementerian Luar Negeri Inggris untuk Timur Tengah, berketetapan untuk mencapai hal tersebut.
London berambisi agar dapat berdampingan dengan Dubai dan Kuala Lumpur sebagai pusat keuangan Islam global, ujar Tobias Ellwood, Wakil Sekretaris Kementerian Luar Negeri.
Dikutip dari hidayatullah.com, pada tahun 2014, Inggris menjadi negara pertama di luar negara-negara Islam yang berhasil mengeluarkan obligasi Syariah yang dikenal sebagai Sukuk. Obligasi syariah senilai 200 juta poundsterling menarik minat investor besar dan menjadi sebuah langkah dalam mendorong investasi yang lebih besar dan luas masuk ke London.
Menurut Ellwood, Inggris memiliki komitmen untuk membangun hubungan secara “damai dan sejahtera” dengan Timur Tengah juga memperluas hubungan perdagangan, yang pada tahun 2014 nilai perdagangan mencapai nilai sebesar 35 miliar poundsterling.
“Strategi keamanan jangka panjang harus menciptakan kemakmuran dalam hubungan ini,” Wakil Sekretaris Kemenlu ini.
Bahkan, Menteri Keuangan George Osborne menyatakan telah mempromosikan industri keuangan Islam senilai hampir 2 triliun dolar untuk membuat Inggris sebagai “pusat keuangan global.

Saat ini di negara Inggris ada enam bank syariah yang telah beroperasi, sementara itu terdapat 20 pemberi pinjaman yang menawarkan produk-produk keuangan Islam dan jasa. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan negara Barat lainnya. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top