Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Upaya Amerika Serikat dan sekutunya Korea Selatan untuk menahan keinginan Korea Utara mengembangkan senjata nuklir sepertinya akan kandas. Hal ini disebabkan Pemerintah Korea Utara (Korut) merilis pernyataan bahwa tidak ada alasan lagi bagi Korut untuk berunding dengan Amerika Serikat yang bertingkah ‘seperti gangster’.
Selain itu, Korut juga menyatakan siap bertarung dalam perang jenis apapun dengan Amerika dan Korea Selatan, termasuk dalam hal serangan cyber dan senjata nuklir.
Seperti dikutip dari nytimes.com, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh situs berita resmi Korea Utara, Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara menyatakan siap menghadapi serangan Amerika dan memberikan perlawanan dalam bentuk perang cyber dan nuklir. Hal ini menurut pihak Korut dikarenakan Amerika serikat terindikasi bermaksud menjatuhkan pemerintahan Korut yang sah dan ingin memulai perang.
Hal itu diungkapkan pihak Korut menanggapi video wawancara Barrack Obama lewat media Youtube pada Januari lalu yang menyatakan bahwa negara seperti Korea Utara akan "runtuh" dari waktu ke waktu hal itu karena pengaruh internet yang satu saat pasti akan menembus Korea Utara.
Selain itu, Korea Utara juga dibuat marah oleh sikap Amerika Serikat dan Korea Selatan yang menolak undangan perundingan yang sudah diajukan. Korut menuduh Washington menolak undangan Sung Kim, utusan teratas nuklir Korut untuk Amerika guna mengunjungi Korea Utara. Sedangkan Amerika Serikat dan Korea Selatan tetap bersikeras bahwa perundingan hanya akan terjadi bila, pihak Korut menunjukkan kesungguhan dengan menghentikan program senjata nuklirnya.
Awal tahun lalu Korea Utara menyatakan akan bersedia menghentikan program tes nuklirnya, jika Amerika Serikat dan Korea Selatan juga membatalkan latihan militer gabungan, yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret mendatang. Akan tetapi, tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh pihak Washington.

Pihak militer Korea Utara juga mengklaim bahwa mereka telah berhasil mengembangkan ‘miniatur’ senjata nuklir. Namun, klaim ini diragukan oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan, alasannya bahwa hingga saat ini mereka tidak melihat Korea Utara memiliki kemampuan teknologi untuk mewujudkan hal tersebut. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top