Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dasar dan Menengah (Mendikbud Dasmen) Anies Baswedan secara resmi membuka Islamic Book Fair ke-14 pada Jumat (27/2) kemarin di Istora Senayan Jakarta. Pameran buku-buku Islam terbesar di Asia Tenggara yang diselenggarakan hingga 8 Maret 2015 nanti, tahun ini mengambil tema “Di Bawah Naungan Al Qur’an”.
Anies dalam sambutan pembukaan pameran menyatakan, tema pameran yang diangkat dalam Islamic Book Fair (IBF) tahun ini memiliki relevansi dengan semangat pembangunan bangsa menuju arah yang lebih baik.
Anies juga berharap melalui IBF tahun ini, anak muda di Indonesiadapat memiliki akses mudah atas buku-buku yang berkualitas dan diharapkan mampu memberi inspirasi perubahan yang positif.
“Ini sesuai dengan sebuah ungkapan yang akrab dalam telinga umat islam, bahwa sebaik-baiknya teman duduk adalah buku,” ujarnya seperti dikutip islampos.com.
Selain Mendikbud, hadir dalam pembukaan ini di antaranya Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Bachtiar Nasir Lc, dan Ketua IKAPI DKI Jakarta, Afrizal Sinaro.
Islamic Book Fair 2015 tahun diikuti 415 stand pameran serta 95 penerbit IKAPI. Ada juga tujuh penerbit yang berasal dari luar negeri yang juga mengikuti IBF ke-14 ini.
Selain pameran buku, IBF tahun ini, melalui IKAPI sebagai penyelenggara juga menggelar acara berupa kunjungan ke pesantren serta kampus di wilayah Jabodetabek. Acara yang diberi nama ‘IBF goes to Pesantren’ dan ‘IBF goes to campus’ ini menurut Ketua IKAPI Jakarta, Afrizal Sinaro bertujuan untuk mempromosikan IBF.
Dalam acara ini, IKAPI akan mengadakan pelatihan menulis dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis para santri. Selain itu, IKAPI juga mengadakan seminar dan diskusi di perguruan-perguruan tinggi mengenai tema IBF 2015, yaitu “Di Bawah Naungan Alquran”. Tema tersebut didiskusikan oleh mahasiswa dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten.
Yang tak kalah menarik dalam acara IBF 2015 kali ini adalah, acara penganugerahan Islamic Book Award. acara penganugerahan Islamic Book Award kali ini merupakan penganugerahan tahun ke-10. Ada dua kategori khusus dalam penganugerahan ini, yaitu penghargaan tokoh perbukuan Islam dan penghargaan buku Islam terbaik.

Penghargaan tokoh perbukuan Islam merupakan bentuk apresiasi serta penghargaan IKAPI Jakarta kepada orang-orang yang berjasa dalam mengembangkan serta berkontribusi besar terhadap perbukuan Islam di Indonesia. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top