Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Saat berbicara pada sebuah Konferensi kontraterorisme di Mekkah Arab Saudi Ahad (22/2) kemarin, Imam Besar Al-Azhar Syaikh Ahmad Ath-Thayyib menyerukan agar dilakukan reformasi pendidikan di negara-negara Muslim. Reformasi pendidikan ini diadakan sebagai upaya untuk mengontrol penyebaran radikalisme yang mengatasnamakan agama.
Beliau menyalahkan bahwa seluruh kerusuhan yang sedang terjadi di kawasan Timur Tengah lebih dikarenakan karena adanya konspirasi kolonialisme global yang bersekutu dengan gerakan zionis.
Syaikh Ath-Thayyib juga mendesak pelaksanaan reformasi pendidikan ini sebagai salah satu upaya mengatasi ekstrimisme yang berkembang di beberapa negara Muslim. Lebih lanjut ia menekankan bahwa ekstrimisme itu sendiri adalah hasil interpretasi yang salah dan menyimpang atas pemahaman terhadap sumber hukum umat Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.
Beliau mencatat terjadi sebuah tren akumulasi sejarah yang berlebihan, yang menurutnya menyebabkan beberapa umat Islam terpengaruh kepada ajaran Islam yang melenceng.

“Satu-satunya harapan bagi umat Muslim untuk memulihkan persatuan adalah mengatasi kecenderungan pemahaman yang menuduh umat Islam lain sebagai kafir di sekolah-sekolah dan universitas-universitas kita ,” tambah Ath-Thayyib seperti dikutip islampos.com. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top